Kehamilan & Kelahiran

Cara Mencegah Sakit Gigi Saat Hamil

Share Yuk!

mencegah sakit gigiSakit gigi tentu sangat mengganggu bagi siapa saja, karena bisa membuat ngilu dan kepala pusing. Apalagi jika Anda sedang hamil tentunya akan sangat tersiksa jika mengalami sakit gigi. Seorang ibu hamil rentan mengalami sakit gigi karena adanya kenaikan hormon yang mengakibatkan gusi lebih lembek dan sensitif, terutama pada masa trimester pertama cenderung lebih malas untuk melakukan banyak aktivitas, salah satunya merawat kesehatan gigi dan mulut. Umumnya terjadi pada saat trimester pertama saat ibu hamil mengalami mual dan muntah (morning sickness), inilah yang akhirnya membuat ibu hamil malas untuk merawat kesehatan gigi dan mulut.  Selain itu, kebiasaan mengkonsumsi makanan berasa asam dan manis membuat masalah gigi lebih mudah untuk muncul.  Masalah gigi yang sering muncul adalah sakit gigi saat hamil karena gigi berlubang.

Bakteri Streptococcus yang merupakan penyebab gigi berlubang dapat menyebar ke seluruh tubuh melalui sirkulasi darah, dan selanjutnya dapat mencapai jantung dan menyebabkan gangguan pada jantung ibu hamil. Untuk masalah gigi yang lebih serius mengakibatkan produksi prostaglandin akan meningkat dan menimbulkan kontraksi pada rahim yang meningkatkan resiko keguguran, terutama selama kehamilan trimester pertama. Selain itu, ibu hamil yang gusinya terinfeksi dapat juga menularkan infeksinya pada janin melalui peredaran darah plasenta. Oleh karena itu diperlukan beberapa tindakan pencegahan agar sakit gigi tidak terjadi.

Berikut ini beberapa cara mencegah sakit gigi saat hamil.

  • sakit gigi saat hamilPencegahan melalui makanan dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan kaya kalsium seperti susu, telur, dan keju atau suplemen kalsium lainnya. Mengkonsumsi makanan ini dilakukan sejak bulan ke-2 kehamilan karena pembentukan benih gigi pada embrio mulai bulan ke-3 sampai bulan ke-6 kehamilan.
  • Berhenti merokok dapat mencegah sakit gigi saat hamil. Hal ini dikarenakan rokok dapat memperparah kerusakan gigi dan berakibat buruk pada janin.
  • Berkumurlah dengan segera setelah muntah, agar tak ada sisa asam lambung dari perut yang tertinggal dimulut.  Bisa gunakan obat kumur atau bisa juga dengan air hangat.
  • Gunakan benang gigi untuk membersihkan sisa makanan yang terselip diantara geligi.
  • Kurangi makanan yang terlalu asam dan manis.
  • Jangan pernah membeli obat bebas (antibiotik atau analgesik) jika merasa sakit gigi pada saat hamil karena sebagian obat tidak aman pada janin. Konsultasikan ke dokter gigi segera dan ikuti instruksi penggunaan obat dari dokter gigi.

Semoga penjelasan diatas bermanfaat bagi Anda, khususnya bagi Anda yang sedang hamil dan memiliki masalah dengan kesehatan gigi. Dan bagi ibu hamil lainnya semoga artikel ini dapat mengingatkan dan menyadarkan untuk senantiasa menjaga dan merawat kesehatan tubuh termasuk kesehatan gigi dan mulut. Sebaiknya untuk menghindari sakit gigi saat hamil, Anda memeriksakan kesehatan gigi dan mulut ke dokter gigi. Jangan lupa selalu menginformasikan pada dokter gigi jika Anda sedang hamil sehingga penanganannya tepat. Osagi juga bisa menjadi salah satu alternatif obat herbal sakit gigi yang aman untuk ibu hamil.

Sumber gambar :
1. http://www.medicalook.com/diseases_images/Toothache.jpg
2. http://female.store.co.id/images/Image/images/penyebab%20sakit%20gigi%20dan%20cara%20pencegahannya.jpg
Share Yuk!

BACA JUGA:  3 Teknik Gentle Birth Ini Bisa Bunda Coba, Agar Melahirkan Lebih Nyaman!