Bulimia : Penyakit Mental Remaja Putri

 

Penyakit Mental Remaja PutriAnda tahu bulimia? Penyakit mental yang biasa menyerang remaja putri, dengan obsesi untuk menurunkan berat badan alias diet. Sering disebut juga diet obsesif, karena kecenderungan pengidapnya memuntahkan kembali makanan yang ditelan secara paksa untuk menghindari penambahan berat badan.

Waspadai jika putri Anda mengalami gejala-gejala seperti berikut:

  1. Terlalu khawatir dan cemas terhadap berat badannya
  2. Tidak dapat mengendalikan pola makan
  3. Dehidrasi
  4. Memuntahkan kembali makanan yang dimakan
  5. Kerusakan pada email gigi
  6. Pembengkakan kelenjar ludah
  7. Gangguan kronis pada mulut dan tenggorokan
  8. Perut kembung dan kulit kering
  9. Menggunakan pencahar tidak sebagaimana mestinya

Segera lakukan pencegahan dan penanganan jika gejala-gejala tersebut Anda temukan. Jika Anda ragu-ragu, cobalah untuk membawanya ke dokter/ahli jiwa, karena ini adalah penyakit mental atau psikologis.

Namun, biasanya anak akan merasa takut jika langsung dibawa ke ahli jiwa. Karena itu, kita bisa memberinya pengertian tentang sebuah diet yang baik. Misalnya, memberinya tips-tips dan saran-saran diet berhasil. Juga penekanan bahwa memiliki tubuh yang kurus pun tidak selalu baik. Anda juga bisa mengajaknya berkonsultasi ke ahli gizi agar ia mendapatkan wacana baru tentang diet yang sehat dan seimbang.

Sumber Gambar : http://www.fishsparelax.gr/uploads/2014/07/diet-pic-1200x635.jpg

4 thoughts on “Bulimia : Penyakit Mental Remaja Putri”

  1. setelah gw baca artikel n comment kaliyan,ternyata selama beberapa minggu ini gw kena bulimia deh,soalnya gw takut banget berat badan gw nambah,apalagi gw juga diledekin,hiks hiks <<nyesek banget deh kalo diledekin endut endut,padahal muka gua bisa dibilang gw cantik n cute,tapi gw hampir mau menginjak ke gendut ni,n otomatis gw malu banget saat ada cowok kece ,,jadi gx pede T.T,,,,gua sadar ni pasti ada akibatnya setelah makan pasti gw muntahin ,ternyata kita senasib yak ladies,,,we r too worried becoming fat,,,mulai dari sekarang deh gw bakal stop muntahin apa yang gw makan,karena itu sama aja gw gx mensyukuri nikmat tuhan,padahal di luar sana kan banyak ya orang yang kelaparan,,so ladies,,,,stop bulimia n say 90 9url…..

    Reply
  2. setelah membaca artikel ini,
    aku jadi merasa bersalah sams diri sendiri.

    selama 2 tahun aku melakukan hal yang sama,
    hanya untuk menurunkan berat badan.
    padahal apa yang aku makan g’ banyak,
    tapi saking takutnya jadi gendut dan pengen nurunin berat badan, aku harus makan dan muntahin apa yang udah aku mkan. . .

    Reply
  3. nama gw rika. dari yang udagh gw baca,,, gw positif bulimia. dah berjalan kira2 3 tahun.

    emang sih berawal dari badan yang gemuk, di ledekin sama teman yah jadi malah ga PD an gitu deh jadinya……..

    aku sering makan dengan porsi yang super banyak. ampe perut gede,,, ko udah puas,, masuk kamar mandi ku langsung muntahin lagi apa yang udah dimakan.

    tapi jujur aja aku tau ternyata aku bulimia stelah aku dah ngelakuin ny aslama dua stengah tahun…. akibat yang dah tampak sih,,, gigi berlubang, makan jadi ga terkontrol……

    yah bgitu lah
    stiap hari……

    tapi skarang aku udah sdikir berkurang.
    ni ada dibagiiin tips……
    1. harus ada tekad n kemauan
    2. padati hari2 dengan kegiatan yang buat sibuk n ngelupain kita makan banyak trus muntah,
    3. jujur sama orang terdekat,
    4. aku tuh tipe orang yang sedikit jaga imej, yah jadi malu dong ko sampe orang tau…. jadi caranya gue…….. banyak aja baca artikel2 tentang bulimia neh….. mulai dari akibat, dampak, ciri2……… baca sesering mungkin…….. yah sapa tau bisa membantu……..
    5. intinya itu, harus ada tekad, n jangan biarin dirimu sendiri, apalagi ame ngebayangin yang namanya makan. lakuin apa yang kamu hoobbi. misalnya nih gw seneng dnger musik, yah aku paasti denger lagu2. karna itu mujarab buat gua…… gua pati bisa ga kepikiran buat makan karna dngern musik.
    6. smangat ajah…………. ternyata bulimia nyiksa banget……………. stelah gua nyoba hidup sehat(pola makan yang lbih teratur tanpa muntah2 lagi) badan ku jadi makin fit, pikiran lebih tenang, ga tersiksa batin, n yang pasti nya gada ngerasa bersalah sama diri sendiri,,,,,,,,,,,,

    Reply

Leave a Comment