Bayi & Anak, Kesehatan

Tips Menciptakan Lingkungan Sehat Demi Kesehatan Bayi

ciptakan lingkungan sehat demi kesehatan bayiMenciptakan lingkungan sehat bagi bayi terutama bayi baru lahir adalah suatu kewajiban yang telah menjadi pekerjaan rumah bersama demi menjaga kesehatan bayi. Aktifitas fisik yang dilakukan oleh bayi tidak hanya membuat bayi menjadi sehat, akan tetapi juga meningkatkan keterampilan sosial, rasa percaya diri serta prestasi. Oleh sebab itu, lingkungan sehat seperti udara dan air harus mampu menjamin keamanan dan kesehatan bayi.

Lingkungan Sehat Bagi Kesehatan Bayi

Lingkungan sehat selain baik bagi kesehatan bayi dan tumbuh kembang bayi juga bisa memberikan rasa aman dan nyaman bagi bayi. Meskipun terlihat sangat sederhana, namun hal ini tidak boleh disepelekan karena bayi baru lahir sangat rentan terserang berbagai macam penyakit jika mereka merasa tidak nyaman. Karena itu penting bagi kita untuk menciptakan lingkungan sehat demi menjaga kesehatan bayi.

Bagi Anda para bunda, perhatikanlah beberapa tips menciptakan lingkungan sehat bagi bayi demi kesehatan dan tumbuh kembang bayi. Berikut adalah beberapa tips diantaranya :

  1. Bunda harus rajin membersihkan kamar bayi secara rutin agar kebersihan kamar tetap terjaga.
  2. Ciptakan suhu kamar dan lingkungan sekitar yang sesuai dengan kondisi bayi Anda sehingga membuat bayi Anda merasa nyaman. Suhu lingkungan yang tidak sesuai dengan kondisi bayi dapat menimbulkan reaksi pada kulit bayi yang masih sensitif seperti munculnya bintik-bintik merah pada kulit.
  3. Perhatikan ventilasi untuk kamar bayi Anda. Usahakan ventilasi kamar bayi Anda tidak terlalu lebar dan tidak juga terlalu sempit karena kondisi udara didalam kamar bayi akan terus berganti sehingga akan sangat baik bagi bayi Anda. Kasus biang keringat pada bayi juga bisa diatasi dengan lingkungan yang sejuk.
  4. Hindari penggunaan obat nyamuk dalam jenis apapun. Jika bunda menginginkan bayi tidak digigit oleh nyamuk maka langkah yang paling aman adalah menggunakan kelambu. Karena jika menggunakan obat nyamuk, dikhawatirkan justru akan membahayakan kesehatan bayi.
  5. Jika suhu dalam kamar bayi Anda terlalu panas, maka bunda bisa menggunakan AC atau kipas angin. Namun penggunaan kipas angin maupun AC jangan langsung mengarah pada bayi dan sesuaikan dengan kondisi si bayi.

Itulah beberapa tips menciptakan lingkungan sehat demi menjaga kesehatan bayi terutama untuk bayi baru lahir. Semoga bisa membantu bunda dan selamat mencoba.

PENTING UNTUK ANDA :

sumber gambar : http://d8nz9a88rwsc9.cloudfront.net/uploads/2014/12/abrigar-bebe2.jpg

Produk Menarik untuk Anda:

Sabuk Bonceng Anak, untuk Kemanan Anak saat Berkendara

Sabuk Bonceng Anak, untuk Kemanan Anak saat Berkendara

Sabuk Bonceng Anak ialah sabuk pengaman untuk si kecil saat berkendara di motor agar saat ....
Hanaroo Fluffy Blanket, Selimut Bayi Lucu

Hanaroo Fluffy Blanket, Selimut Bayi Lucu

Hanaroo Fluffy Blanket adalah selimut bayi dengan motif berbulu yang praktis untuk di gunakan. Salah ....
Sprei Waterproof yang Anti Air dan Anti Kotor

Sprei Waterproof yang Anti Air dan Anti Kotor

Sprei waterproof  merupakan sprei anti air dengan bahan yang berkualitas import. Dengan sprei ini, bunda ....