Kesehatan

Tanaman Obat Dan Manfaatnya Untuk Kesehatan

tanaman obatTanaman obat adalah tanaman dari hasil budidaya rumahan yang banyak manfaatnya untuk ramuan obat sehingga berperan penting bagi kesehatan tubuh. Sejak jaman nenek moyang, orang sudah banyak menggunakan tanaman obat sebagai ramuan tradisional karena jaman dahulu, orang tidak mengenal yang namanya dokter atau obat-obatan kimia. Orang hanya mengenal obat-obatan tradisional yang diramu sendiri untuk mengobati segala macam penyakit.

Banyak aneka jenis tanaman obat yang digunakan untuk mengobati penyakit atau sekedar menjaga stamina ketahanan tubuh. Di sekitar kita, ada berbagai macam tanaman obat yang bisa Anda manfaatkan untuk kesehatan tubuh.

Tanaman obat temulawak

Temulawak adalah tanaman dari keluarga jahe yang banyak tumbuh di pulau Jawa. Temulawak diyakini bermanfaat untuk mengobati sakit kuning, diare, maag, penambah nafsu makan anak, pegal-pegal, perut kembung, menurunkan lemak darah dan dapat juga sebagai antioksidan untuk menjaga daya tahan tubuh. Produk herbal alami yang terbuat dari temulawak contohnya seperti teh celup curcuma yang mampu membantu menjaga kesehatan hati.

Tanaman obat kunyit

Kunyit merupakan tanaman obat yang bersifat tahunan dan tanaman ini dapat ditemui dengan mudah di daerah tropis. Kunyit banyak digunakan untuk bahan utama pembuatan jamu karena memiliki manfaat yang cukup banyak. Manfaat dari tanaman obat kunyit untuk kesehatan antara lain sebagai anti inflamasi, anti oksidan, anti mikroba, pencegah kanker, menurunkan kadar lemak darah, membersihkan darah serta anti tumor.

Tanaman obat sambiloto

Tanaman sambiloto adalah sejenis tanaman herba yang banyak mengandung senyawa andrographolide yang bersifat untuk melindungi hati dari efek negatif. Sambiloto sudah lama dikenal oleh dunia medis karena manfaat dari daunnya. Daun sambiloto selain bermanfaat untuk melindungi hati juga bermanfaat untuk mengobati gatal-gatal, kencing manis dan menekan pertumbuhan sel kanker. Produk herbal yang terbuat dari daun sambiloto misalnya saja seperti kapsul ekstrak sambiloto yang aman dikonsumsi oleh tubuh.

Tanaman obat jahe

Jahe adalah sejenis tanaman obat yang umbinya dapat dimanfaatkan untuk kesehatan. Umbi jahe mengandung senyawa oleorosin yang bersifat sebagai antioksidan. Jahe dapat bermanfaat untuk melindungi lemak dari oksidasi, meningkatkan kekebalan tubuh, dan menghambat oksidasi kolesterol. Selain itu ramuan jahe juga sangat bermanfaat untuk mengatasi masuk angin, contohnya seperti produk jahe merah amanah dan jahe merah super amanah yang bermanfaat untuk menghangatkan tubuh dan mengusir masuk angin. Ada pula produk kapsul jahe merah ekstrak yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh.

Tanaman obat tempuyung

Tempuyung adalah sejenis tanaman obat yang mengandung banyak kalium yang kadarnya cukup tinggi. Manfaat dari tempuyung adalah untuk mengobati penyakit batu ginjal. Tempuyung saat ini telah dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan produk herbal seperti kapsul ekstrak tempuyung yang berguna untuk mengobati asam urat dan batu ginjal.

Tanaman obat jati belanda

Jati belanda adalah tanaman yang daunnya mempunyai manfaat cukup banyak bagi kesehatan tubuh. Jati belanda memiliki manfaat sebagai obat sakit perut, sembelit, menguruskan badan, batuk, rasa sesak pada lambung serta perut kembung. Saat ini banyak produk yang dibuat dari ekstrak daun jati belanda seperti teh daun jati belanda.

Tanaman obat kencur

Kencur adalah tanaman obat dari jenis jahe-jahenan yang dapat hidup dimana saja, selama tanah yang digunakan untuk menanamnya gembur dan subur. Dalam tanaman kencur terdapat minyak atsiri yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh seperti influenza, sakit kepala, keseleo, menghilangkan lelah mengobati radang lambung dan melancarkan haid. Saat ini sudah banyak kita jumpai produk herbal dengan bahan dasar tanaman kencur seperti param kencur.

Jenis tanaman di atas merupakan sebagian kecil dari banyaknya macam-macam tanaman obat dan manfaatnya untuk kesehatan. Jadi, bagi Anda yang ingin menjaga kesehatan badan, tak ada salahnya bila Anda mempercayakannya pada tanaman obat tradisional, karena selain manfaatnya yang dahsyat juga tidak memiliki efek samping yang merugikan bagi tubuh kita.

PENTING UNTUK ANDA

Sumber gambar : http://3.bp.blogspot.com/-7RwpmSCFpK0/UF1_SXm_XtI/AAAAAAAAA3s/m6uqY4eDKfA/s1600/jahe.jpg

Produk Menarik untuk Anda:

Teh Herbal Curcuma, Membantu Menjaga Kesehatan Hati

Teh Herbal Curcuma, Membantu Menjaga Kesehatan Hati

Teh herbal curcuma adalah minuman kesehatan spesial yang didalamnya mengandung rimpang temulawak. Dipadukan dengan daun teh ....