6 Tips Mencegah Terjadinya Infeksi Saluran Kemih

dilarang menahan buang air kecilInfeksi saluran kemih terjadi ketika saluran kemih mengalami infeksi yang disebabkan oleh infeksi. Infeksi saluran kemih yang belum menunjukkan gejala yang signifikan masih dapat diatasi atau dicegah untuk mengurangi resiko dari infeksi saluran kemih.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah terjadinya penyakit infeksi saluran kemih. Berikut kami informasikan 6 tips mencegah terjadinya infeksi saluran kemih seperti:

1. Minum air yang cukup

Konsumsi air putih mineral minimal 8 gelas per hari atau lebih sesuai dengan kebutuhan tubuh akan cairan membantu mengeluarkan urin yang tersendat dan membuat aliran urin menjadi lancar. Dengan rutin minum air putih mineral dapat mengubah warna urin yang tadinya kekuningan menjadi putih bening. Air putih juga dapat mengurangi pembentukan batu pada saluran kemih dan mengusir bakteri yang menyebabkan infeksi.

2. Jangan terlalu lama menahan pipis

Salah satu kebiasaan buruk yang harus segera Anda tinggalkan adalah kebiasaan menahan pipis. Jangan pernah menahan pipis jika memang kandung kemih sudah menampung banyak urin. Hal ini dapat membuat perut terasa sakit, gangguan ginjal dan membuat zat-zat sisa metabolisme tubuh masuk kembali ke dalam saluran kandung kemih yang kemudian akan membentuk batu pada saluran kemih.

3. Menjaga kebersihan diri sendiri dan lingkungan

Menjaga kebersihan tubuh dengan rutin mandi dan menjaga kebersihan daerah kewanitaan merupakan cara utama untuk mencegah terjadinya infeksi saluran kemih. Menjaga kebersihan tubuh terutama di daerah kewanitaan bisa mengurangi bakteri jahat yang bersarang disana. Perawatan kebersihan tubuh seperti rutin mengganti celana dalam dan memakai bawahan yang tidak terlalu ketat, ketika selesai mencuci bagian intim setelah buang air, keringkan terlebih dahulu sebelum memakai kembali celana dalam.

4. Menjaga pola makan yang sehat dan seimbang

Salah satu cara yang paling efektif dalam menjaga kesehatan dan keseimbangan hidup dengan mengatur  pola makan yang seimbang yang tentunya menyesuaikan dan mememuhi kebutuhan tubuh dari asupan nilai gizi yang dibutuhkan tubuh. Dengan diimbangi olahraga yang teratur sesuai kemampuan tubuh serta menjaga berat badan tetap ideal merupakan salah satu kunci dalam hidup yang sehat dan dinamis.

5. Mengurangi penggunaan pembersih daerah kewanitaanKapsul Ekstrak Kumis Kucing

Bagi para wanita, beberapa produk daerah kewanitaan sebaiknya jangan terlalu sering dipakai. Sebab penggunaannya justru bisa mengurangi jumlah bakteri baik yang melindungi daerah tersebut.

6. Pemilihan celana dalam yang tepat

Celana dalam sebaiknya dipilih dengan selektif dan teliti. Celana dalam sebaiknya berbahan katun dan nyaman dipakai. Hindari penggunaan celana dalam yang bisa mengganggu gerak dan bisa memicu terjadinya iritasi apalagi jika Anda memiliki kulit yang sensitif.

6 tips mencegah infeksi saluran kemih tersebut bisa Anda lakukan agar penyakit infeksi saluran kemih tidak bisa menyerang Anda. Selain mempraktekkan beberapa tips seperti di atas, tidak menahan keinginan berkemih juga sebagai upaya unuk membersihkan saluran kemih dari bakteri. Pengobatan menggunakan obat herbal juga bisa mengurangi sakit infeksi saluran kemih seperti kapsul herba kumis kucing dan kapsul herbal ekstrak kumis kucing.

sumber gambar:
1. http://farm3.staticflickr.com/2601/4005745932_37910e0129_b.jpg
2. http://182.253.224.180/img/cache/300/product-1/2012/10/25/1227310/1227310_76b67550-1e42-11e2-a0e2-4ae2e3b59b20.jpg

1 Komentar

  1. Sib deh… Duuh membantu banget soalnya aku lgi hamil tua ne, tpi klo buang air kecil suka nyeci gtu biasanya gk..

Komentar