Bayi & Anak, Kesehatan

Penyebab Dan Solusi BAB Bayi Berwarna Hijau

penyebab-dan-solusi-bab-bayi-berwarna-hijauBAB bayi yang normal biasanya akan berwarna kuning, namun ketika sang buah hati tiba – tiba pup nya berwarna hijau apakah berbahaya?. Pup berwarna hijau pada bayi biasanya menandakan bahwa bayi tidak minum atau makan dengan baik, terlepas apakah berat badannya naik atau tidak. Secara normal pup atau feses bayi yang mendapatkan ASI biasanya berair atau encer, Hal tersebut sebenarnya dipengaruhi dengan bagaimana anda memberikan ASI kepada bayi anda.

ASI sebenarnya terdiri dari 2 bagian, yaitu bagian awal yang memiliki kandungan susu rendah lemak. Sedangkan ASI pada bagian dalam memiliki kandungan susu yang kaya akan lemak. Oleh karena itu jika sang bayi hanya meminum ASI sang ibu pada bagian luar maka ia hanya akan mendapat susu rendah lemak yang membuat ia mudah lapar.

Mengatasi Feses Bayi Berwarna Hijau

Cara mengatasi BAB bayi berwarna hijau karena masalah ini yaitu dengan biarkan bayinya bayi untuk menguras satu payudara, sebelum menawarkan payudara yang satunya, ini akan memastikan bahwa bayi akan mendapatkan bagian susu berlemak yang lebih banyak, yang lebih substansial; karena menyusui bayi lebih lama pada salah satu sisi payudara. Posisikan mulut bayi dengan benar saat menyusui, yaitu harus meliputi seluruh puting susu dan sebagian besar dari areola mamae (lapisan tebal berwarna coklat kehitaman sekitar puting).

Jangan biarkan bayi menuyusu hanya di ujung puting. Jika ibu menerapkan cara yang demikian, maka ibu akan melihat bayi lebih bahagia, tidur lebih lama dan mulai fese mulai terlihat normal, tidak hijau lagi. Selain masalah di atas, BAB bayi berwarna hijau dapat disebabkan oleh masalah di bawah ini.

Jika feses bayi berwarna hijau tetapi tidak berair, berbusa, dan gejala kolik, maka kemungkinan penyebabnya adalah:

BACA JUGA:  Cegah Anemia Pada Anak

1. Bayi memiliki penyakit kuning, pup bayi akan berwarna hijau gelap.

2. Beberapa susu formula yang diperkaya dengan zat besi juga dapat menyebabkan feses menjadi hijau.

3. Ibu makan makanan yang berwarna hijau, seperti sayuran hijau. Hal ini biasanya akan menyebabkan fese bayi berwarna hijau terang.

4. Peka terhadap obat-obatan yang ibu minum, seperti antibiotik atau obat-obatan yang diberikan pada bayi.

5. Sensitif terhadap sesuatu yang ibu makan. Selain pup berwarna hijau, bayi juga terkadang mengalami eksim atau ruam pada kulitnya.

Segera periksakan ke dokter jika hal ini terjadi. Mengalami infeksi, terutama jika ia juga mengalami diare dan/atau demam. Segera periksakan ke dokter jika hal ini terjadi.

 

Produk Menarik untuk Anda:

Sprei Waterproof Import 160 x 200

Sprei Waterproof Import 160 x 200

Sprei waterproof  merupakan sprei anti air dengan bahan yang berkualitas import. Dengan sprei ini, bunda ....
Pembalut Kain Jelita-V Jumbo Motif

Pembalut Kain Jelita-V Jumbo Motif

Jelita-V Jumbo Motif merupakan inovasi produk pembalut kain cuci ulang dari Jelita-V yang aman, nyaman.  ....
Lulur Ibu, Lulur Tradisional Untuk Perawatan Kulit

Lulur Ibu, Lulur Tradisional Untuk Perawatan Kulit

Lulur ibu merupakan lulur tradisional yang terbuat dari biji-bijian dan tumbuh-tumbuhan yang 100% alami untuk ....