Bayi & Anak, Parenting

Belajar dari Hubungan Persaudaraan

Belajar dari Hubungan PersaudaraanKadang-kadang kita tidak sadar bahwa pada saat terjadi interaksi hubungan kakak dan adik terjadi proses belajar mengajar. Kepandaian Adik akan meningkat dengan meniru dan belajar dari Kakak tentang berbagai hal, Sedang sang Kakak akan mendapat manfaat dari meningkatnya perkembangan intelektual dengan mengatasi masalah-masalah adiknya. Ada beberapa Manfaat Hubungan Kakak dan Adik misalnya saja seperti ini:

1. Bahasa
Ketika Kakak sedang mengejek atau menggoda adik bayinya dia juga sedang mengajarinya bercakap-cakap. Seringkali kata pertama yang diucapkan bayi adalah akibat pelajaran ini.

2. Kecerdasan
Adik akan meniru dan belajar dari kakaknya. Bisa juga sebaliknya, intelektualitas anak-anak tumbuh setiap kali mereka membantu anak lain menyelesaikan masalah, bahkan masalah anak yang lebih kecil. Kakak beradik juga saling mendorong untuk lebih menjelajah dan kreatif.

3. Harga Diri
Membantu Adik dan memiliki seseorang yang memuji dan mencintai tanpa pamrih akan mendukung kepercayaan diri.

4. Ketrampilan Sosial
Kakak beradik saling meniru. Dari kakak adik akan belajar aturan interaksi sosial, menemukan bagaimana harus berperilaku dalam berbagai situasi, termasuk cara membuat orantua berkata “ya”.

5. Pemeliharaan Emosional.
Kakak beradik bisa saling membantu ketika mendaki gunung terjal kehidupan. Kakak bisa membantu adik bersiap menghadapi pengalaman baru dan menunjukan tali perlindungannya; adik bisa menyoraki dan menghibur kakaknya. Memiliki kakak/adik juga memberi anak latihan untuk mengutarakan perasaannya dan mengembangkan rasa percaya.

Sumber : Mendidik & Mengasuh Anak Balita Anda Oleh Tracy Hogg

Sumber Gambar : http://3.bp.blogspot.com/-xgEkLrlq_Kc/U2V-LIAGuII/AAAAAAAAAOc/JExJVdA6qR8/s1600/6cff81ed2fd5fd02c6bfe5986e55231b_XL.jpg
BACA JUGA:  Memberi Nama Anak