Parenting

Cara Mengatasi Anak Malas Belajar

Share Yuk!

cara-mengatasi-anak-malas-belajarAnak malas belajar merupakan salah satu faktor yang sering di hadapi para orang tua. Anak biasanya menganggap bahwa belajar merupakan hal yang membosankan dan tidak menyenangkan. Oleh karena itu menjadi tugas orang tua bagaimana membuat sang anak semangat dalam belajar dan juga bagaimana membuat suasana belajar menyenangkan. Agar sang anak dapat mengetahui bahwa belajar merupakan sebuah kebutuhan bagi dirinya. Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi anak malas belajar.

1. Suasana Belajar

Suasana belajar yang monoton akan membuat sang anak mudah bosan dan menjadikan ia malas untuk belajar kembali. Oleh karena itu cobalah untuk mengubah suasana belajar anak menjadi lebih menyenangkan misalnya dengan belajar sambil menonton film yang ada pendidikannya. Dengan begitu, anak akan merasa lebih senang dalam belajar, namun begitu jangan terlalu sering memberikan cara-cara seperti itu karena tidak baik untuk perkembangan otak anak

2. Dampingi anak ketika belajar

Anak akan merasa kesepian jika ia belajar di ruangan sendirian. Ada baiknya anda menemani sang anak belajar, karena dengan begitu sang anak akan merasa di perhatikan. Selain itu hal tersebut akan membuat sang anak menjadi lebih semangat belajar lagi.

3. Menjelaskan manfaat belajar

Berilah penjelasan tentang manfaat belajar, tujuan belajar, dan hasil yang akan didapat dengan belajar yang menyangkut kehidupannya kelak. Tanamkan persepsi belajar ini secara baik jangan sampai ada persepsi dari luar yang banyak mengatakan kalau belajar tidak bisa membuat orang menjadi sukses kelak. Jangan biarkan anak terpengaruh dengan lingkungan luar, Dengan begitu sang anak akan menjadi lebih termotivasi dengan belajar hingga ia bisa mencapai apa yang di inginkannya kelak.

BACA JUGA:  Berlibur Sambil Belajar Bersama Anak

4. Membatasi jam belajar pada anak

Otak anak akan merasa lelah jika dalam belajarnya terlalu di forsir. Ada baiknya anda memberikan batasan jam belajar pada anak anda, karena hal tersebut bisa membuat anak anda mudah bosan dalam belajar. Sebaiknya berikan waktu selama 1-1,5 jam dalam sehari, tapi itupun tergantung bagaiaman kemampuan otak anak anda bisa menyerap materinya. Ketika anak memaksakan belajar justru otaknya akan merasa lelah dan akan membuat otak tidak bisa menerima materi lagi serta bisa membuat sang anak merasa stress.

5. . Game edukasi

Bagi anak yang fanatik dengan game, anda dapat mengunduh berbagai jenis game edukasi yang saat ini sudah banyak tersedia. Dengan memanipulasi belajar dalam versi game seperti ini, anak akan merasa bermain padahal dirinya juga belajar. Trik ini sudah banyak digunakan dan banyak orang tua yang mengakui trik ini sebagai salah satu trik ampuh untuk membuat anak menjadi semangat belajar.

 

Share Yuk!

Produk Menarik untuk Anda:

Sprei Waterproof Import 200 x 200

Sprei Waterproof Import 200 x 200

Sprei waterproof  merupakan sprei anti air dengan bahan yang berkualitas import. Dengan sprei ini, bunda ....
Pembalut Kain Jelita-V Standar Motif

Pembalut Kain Jelita-V Standar Motif

Pembalut Kain Jelita-V Standar Motif merupakan pembalut yang dirancang khusus untuk wanita yang aktif di ....
PAPUA Sarang Semut, Efektif Untuk Mengobati Segala jenis Kanker & Tumor

PAPUA Sarang Semut, Efektif Untuk Mengobati Segala jenis Kanker & Tumor

Kapsul sarang semut Papua adalah obat herbal dibuat 100% dari umbi sarang semut yang di dapatkan dari pedalaman ....
Madu Syifa Kids Diare Ramuan Herbal Alami Untuk Sembuhkan Diare Anak

Madu Syifa Kids Diare Ramuan Herbal Alami Untuk Sembuhkan Diare Anak

Madu Herbal Syifa Kids Diare adalah   madu herbal anak Diare, 100% alami, tanpa bahan pengawet, ....