Kesehatan

Tips Menghadapi Cuaca Tidak Menentu

Share Yuk!

Cuaca tidak menentu saat ini sedang menimpa wilayah Indonesia. Terkadang hujan turun dengan begitu derasnya dan tiba-tiba cuaca berubah menjadi sangat panas. Cuaca yang tidak menentu seperti inilah yang sangat beresiko terhadap berbagai macam penyakit tertentu, misalnya saja ISPA.

ISPA merupakan penyakit saluran pernafasan dan banyak gejala yang ditimbulkan berupa batuk dan pilek. Kondisi cuaca yang tidak menentu seperti ini juga dapat menyebabkan penyakit diare dan demam tifoid. Selain itu, karena curah hujan yang cukup tinggi maka akan memudahkan nyamuk berkembangbiak dan menularkan penyakit demam berdarah serta chikungunya.  Kedua penyakit tersebut faktor penyebabnya sama, yaitu nyamuk Aedes aegypti.

Untuk menghindari terjangkitnya segala macam penyakit tersebut, berikut ini adalah tipsnya.

Tips Menghadapi Cuaca Tidak Menentu :tips kesehatan saat cuaca tidak menentu

1. Menjaga kondisi tubuh. Menjaga kondisi tubuh agar tetap fit dapat dilakukan dengan istirahat yang cukup serta minum vitamin agar daya tahan tubuh tidak menurun.

2. Menggunakan payung atau mantel. Usahakan untuk tidak keluar rumah jika cuaca di luar rumah sedang hujan. Jika memang situasi mendesak, maka gunakan mantel atau paying saat bepergian untuk mencegah demam, batuk dan pilek.

3. Mengkonsumsi makanan yang sehat. Mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi sesuai dengan kebutuhan tubuh akan menghindarkan kita dari penyakit diare dan demam tifoid. Jadi, janganlah membeli makanan di sembarang tempat, karena diare dan demam tifoid dapat dengan mudah ditularkan melalui makanan.

Tips mencegah penyakit ISPA :

1. Menjaga kesehatan tubuh dan kondisi tubuh.

Agar tubuh tetap sehat dan bugar Anda harus memperhatikan beberapa hal, diantanya adalah istirahat cukup, mengkonsumsi makanan sehat, olahraga teratur dan minum vitamin.

BACA JUGA:  Pencegahan Penyakit Rematik

2. Menggunakan masker dan menjaga jarak dengan penderita.

Jika salah satu teman atau anggota keluarga Anda ada yang sedang terjangkit ISPA, sebaiknya Anda menjaga jarak dengan penderita dan penting juga menggunakan masker untuk mencegah penularan penyakit tersebut.

Tips mencegah demam berdarah dan chikungunya :

1. Menutup tempat-tempat yang dapat menyebabkan genangan air.

2. Menguras bak mandi secara rutin maksimal  satu minggu sekali.

3. Menimbun barang-barang bekas yang beresiko menjadi sarang nyamuk.

Itulah beberapa tips menghadapi cuaca tidak menentu, harapannya walaupun cuaca tidak menentu tapi kondisi tubuh dan kesehatan tubuh harus tetap terjaga.

Profil Konsultan :

dr.farida

dr. Farida Juliantina Rachmawaty, M.Kes, adalah seorang dokter yang juga aktif mengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia Yogyakarta. Beliau juga pernah menjabat sebagai Ketua Departemen Mikrobiologi Fak. Kedokteran UII dan juga Kepala Program Pendidikan S1 (Tahap Umum dan Terintegrasi). Selain ilmu kedokteran, beliau juga mendalami ilmu fiqh muslimah.

sumber gambar : http://i.milliyet.com.tr/YeniAnaResim/2013/07/01/fft99_mf3417215.Jpeg
Share Yuk!