Cegah Dengan Jitu Penyakit Dimusim Pancaroba

Cegah Dengan Jitu Penyakit Dimusim PancarobaMusim kemarau telah berlalu dan digantikan dengan musim penghujan. Masa peralihan musim yang biasa disebut dengan musim pancaroba biasanya diwarnai dengan timbulnya berbagai jenis penyakit, terutama pada anak-anak dan orang-orang yang daya tahan tubuhnya kurang.

Udara yang sebelumnya panas tiba-tiba menjadi dingin dan lembab. Kondisi tersebut membuat tubuh kurang nyaman dan mudah terserang penyakit.

Penyakit yang biasanya muncul pada masa pancaroba, antara lain gangguan saluran napas, masuk angin, influenza, batuk,gangguan pencernaan seperti diare, disentri, tifus abdominalis, penyakit lainnya seperti demam berdarah, dan hepatitis A .

Penyakit di musim pancaropba masih bisa dicegah. berikut beberapa cara untuk mencegah penyakit dimusim pancaroba.

  • 1. Imunisasi

Cegah beberapa penyakit yang mungkin muncul dengan memberikan vaksin semenjak dini. Diantaranya vaksin untuk demam tifoid, hepatitis A, vaksin campak dan sebagainya.

  • 2. Makan Bergizi

Konsumsi makanan bergizi lengkap dan seimbang terutama yang tinggi kandungan protein, vitamin A, vitamin C sebagai antioksidan dan mineral terutama seng (zinc), agar tubuh memiliki cukup pertahanan.

  • 3. Pelihara Lingkungan

Putuskan mata rantai penyakit dengan menjaga lingkungan tetap bersih.Dan, hindarkan anak-anak dari tempat yang berpotensi menularkan penyakit seperti rumah sakit.

  • 4. Lakukan kebiasaan baik

Bersama keluarga lakukan kebiasaan seperti mencuci tangan setiap akan makan dan setelah bepergian, karena terbukti mampu menurunkan angka kematian bayi, diare dan resiko flu burung.

Sumber Gmabar : http://1.bp.blogspot.com/-dbvkjiXyoiE/UkWGwfhJLAI/AAAAAAAAAR0/gB1EaAeGQpw/s1600/46424353.jpeg

10 thoughts on “Cegah Dengan Jitu Penyakit Dimusim Pancaroba”

  1. jangan banyak makan yg manis2 ya soalnya biasanya musim pancaroba banyak anak yang batuk pilek selain itu bisa obesitas juga kan??

    Reply
  2. banyak mengkonsumsi vitamin c juga dapat menjaga stamina anak..vitamin c dapat juga diperoleh dari buah2an seperti jeruk.

    Reply
  3. berikan makanan yang bergizi seperti 4sehat 5sempurna agar anak tetap mendapat asupan gizi yang seimbang dan cukup.

    Reply
  4. asupan vitamin juga sangat dibutuhkan untuk menjaga stamina badan seperti vitamin c, dan berikan anak makan yang bergizi..ditambah lagi susu yang tepat ya soalnya susu sekarang banyak yg mengandung gula tambahan ya yang bisa memacu menambah penyakit pada anak.

    Reply
  5. mengurangi makanan yang manis2 juga dapat membantu mengurangi anak terkena penyakit misalnya batukpilek.. lgan ga baik juga kalau membiarkan anak mengkonsumsi makanan yang manis2 terlalu sering dan banyak selain batuk bisa juga menjadikan anak obesitas dan diabetes..

    Reply
  6. jangan lupa berikan susu juga ya untuk menambah memenuhi kebutuhan nutrisi anak ya bun..tapi jangan yang mengandung gula tambahan ya supaya anak ga jadi obesitas.

    Reply
  7. yang penting asupan makanan ya saya sie tdk membiasakan anak saya jajan dan kl pun susu ya susu yang ga ada gula tambahannya

    Reply

Leave a Comment