Kesehatan

Cegah Dengan Jitu Penyakit Dimusim Pancaroba

Share Yuk!

Cegah Dengan Jitu Penyakit Dimusim PancarobaMusim kemarau telah berlalu dan digantikan dengan musim penghujan. Masa peralihan musim yang biasa disebut dengan musim pancaroba biasanya diwarnai dengan timbulnya berbagai jenis penyakit, terutama pada anak-anak dan orang-orang yang daya tahan tubuhnya kurang.

Udara yang sebelumnya panas tiba-tiba menjadi dingin dan lembab. Kondisi tersebut membuat tubuh kurang nyaman dan mudah terserang penyakit.

Penyakit yang biasanya muncul pada masa pancaroba, antara lain gangguan saluran napas, masuk angin, influenza, batuk,gangguan pencernaan seperti diare, disentri, tifus abdominalis, penyakit lainnya seperti demam berdarah, dan hepatitis A .

Penyakit di musim pancaropba masih bisa dicegah. berikut beberapa cara untuk mencegah penyakit dimusim pancaroba.

  • 1. Imunisasi

Cegah beberapa penyakit yang mungkin muncul dengan memberikan vaksin semenjak dini. Diantaranya vaksin untuk demam tifoid, hepatitis A, vaksin campak dan sebagainya.

  • 2. Makan Bergizi

Konsumsi makanan bergizi lengkap dan seimbang terutama yang tinggi kandungan protein, vitamin A, vitamin C sebagai antioksidan dan mineral terutama seng (zinc), agar tubuh memiliki cukup pertahanan.

  • 3. Pelihara Lingkungan

Putuskan mata rantai penyakit dengan menjaga lingkungan tetap bersih.Dan, hindarkan anak-anak dari tempat yang berpotensi menularkan penyakit seperti rumah sakit.

  • 4. Lakukan kebiasaan baik

Bersama keluarga lakukan kebiasaan seperti mencuci tangan setiap akan makan dan setelah bepergian, karena terbukti mampu menurunkan angka kematian bayi, diare dan resiko flu burung.

Sumber Gmabar : http://1.bp.blogspot.com/-dbvkjiXyoiE/UkWGwfhJLAI/AAAAAAAAAR0/gB1EaAeGQpw/s1600/46424353.jpeg
Share Yuk!
BACA JUGA:  Mencegah Kanker Kulit dengan Susu Kambing