Tumbuh Kembang Anak

Tips Mengatasi Anak Susah Makan Susah

Tips Mengatasi Anak Susah Makan SusahSatu hal yang sering kali membuat seorang ibu kewalahan adalah manakala si kecil tidak mau makan. Ada saja alasan yang ia buat untuk menghindar jika disuruh makan.

Katanya lauknya tidak enak, diberi lauk enak, eh bilang sudah kenyang. Repot juga kalau setiap hari begini. Gimana, dong?

Perhatikan apa yang masuk ke perutnya. Pada bayi, mereka biasa menolak makan makanan tambahan selain ASI karena mereka sudah senang dengan ASI. Karena kebanyakan minum ASI, makanya mereka merasa enggan makan makanan lain.

Atau, biasanya terjadi kasus anak-anak tidak mau minum ASI lagi karena mereka sudah keenakan dengan susu botol. Umumnya menimpa ibu yang bekerja di luar rumah. Sedangkan pada anak yang sudah lebih besar, biasanya mereka menolak makan karena kebanyakan minum dan jajan yang ringan-ringan. Ini patut diwaspadai dan segera ditangani.

Kurangi camilan-camilan dan jajanan. Kalau saja jajanannya bergizi seperti bubur kacang hijau, kolak pisang, tentu ibu tak perlu kuatir. Tapi, jika jajanan yang masuk ke perut anak Anda adalah jajanan yang banyak pengawet dan MSG-nya? Anda harus waspadai ini.

Bisa jadi, inilah penyebab anak Anda tidak mau makan. Jika si kecil sudah bersekolah, siapkan snack-nya sendiri. Jika perlu, jangan beri uang jajan. Anda harus cerdas untuk menentukan menu apa yang paling disukainya.

Buat suasana makan menyenangkan. Kadang anak mengalami trauma kecil, saat ia ingin makan. Misalnya, Anda terlalu memaksanya, padahal saat itu ia sedang tidak enak badan dan tidak enak makan. Sedikit-sedikit makan tidak mengapa, asalkan ia mau makan dan  kontinyu.

Ajak ke tempat yang ia suka. Sedikit repot, tidak mengapa. Anda bisa mengajak si kecil makan sambil duduk di atas sepeda atau ayunan, atau bisa sambil berjalan-jalan mengelilingi komplek rumah Anda. Jika ada taman yang bagus, itu lebih baik. Anak-anak biasanya mau makan jika melihat anak lain makan.

Beri pengertian dengan sabar. Sering kali kita lupa, bahwa ada type anak yang tidak bi sa makan sesuatu. Nah, selama anak Anda masih dalam batas normal, dalam artian keinginannya masih bisa kita penuhi, dan ia makan banyak,tidak mengapa. Turuti dulu saja,sambil perlahan-lahan Anda berikan pengertian. Bahwa tidak semua orang bisa makan enak, jadi ia harus bersyukur dan mau menghabiskan makannya agar tidak mubadzir.

Madu, suplemen tambahan yang baik. Madu memiliki rasa yang manis. Dan kandungan vitamin dan mineral di dalamnya sangat tinggi. Bagus untuk pertumbuhan anak. Madu juga bisa dijadikan obat penambah nafsu makan. Awalnya,anak-anak mungkin tidak suka.

Tapi, jangan berhenti. Anda bisa meletakkan madu di sebuah piring kecil di samping makanan tambahannya. Lelet-leletkan di mulutnya dengan jari Anda. Agar dapat masuk ke mulut. Setelah minum ASI juga tidak mengapa. Atau jika dia sudah bisa makan roti atau biscuit, madu bisa menjadi pengganti selai.

Sumber Gambar : http://t1.uccdn.com/pt/images/2/2/7/img_como_incorporar_novos_alimentos_no_cardapio_de_um_autista_17722_orig.jpg