Keluarga, Pernak-pernik

Tips Menata Kamar Tidur Anak

tips menata kamar anakSebagai orangtua tentu wajar bila memberikan dan memperhatikan apa yang diinginkan anak. Terutama bagi orangtua yang baru memiliki satu anak, tentu perhatian yang lebih akan diberikan untuk anak semata wayang. Banyak cara yang dilakukan orangtua untuk menyenangkan hati anaknya, salah satunya dengan membuatkan mereka kamar tidur yang cantik dan nyaman. Bahkan, banyak dari orangtua yang menata kamar tidur anaknya dengan desain interior dan furniture yang mereka sukai.

Sebenarnya ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui jika mempunyai keinginan untuk menata kamar tidur anak Anda. Yang paling penting disini adalah berkomunikasi dengan anak bahwa Anda ingin menata kamar tidur mereka, karena nantinya yang akan menempati ruangan tersebut adalah anak Anda. Jadi, melibatkan anak dalam menentukan desain interior memang penting agar mereka semakin betah dan nyaman dengan kamar mereka. Jangan sampai Anda menata kamar tidur mereka hanya dengan keinginan Anda sendiri tanpa memperhatikan kesukaan anak.

Bagaimana cara menata kamar tidur anak agar menjadi kamar yang cantik dan nyaman? Berikut kami informasikan tips menata kamar tidur anak.

Menentukan tema interior kamar tidur anak

Untuk mendapatkan tema interior yang bagus dan tepat sasaran, langkah terbaik adalah mendiskusikan dengan anak. Apa yang mereka inginkan untuk kamar tidur mereka, mulai dari warna favorit, hiasan yang mereka sukai, hingga perabot apa saja yang mereka inginkan. Namun, semuanya harus tetap memerlukan pengarahan dari Anda, jangan hanya langsung menuruti apa yang diminta anak tanpa melihat manfaatnya. Anda bisa memberikan penjelasan kepada anak Anda bahwa barang yang mereka inginkan sebaiknya yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan mereka.

Memperhatikan pencahayaan kamar tidur anakwallpaper

Dalam menata kamar tidur anak, mangatur posisi perabot dan pencahayaan kamar tidur memang penting. Jangan sampai anak Anda merasa terganggu dengan pencahayaan di kamarnya, seperti kamar terlalu gelap atau justru terlalu terang atau bahkan membuat silau.

Memberikan hiasan kamar sesuai dengan kesukaan mereka

Penataan kamar tidur anak laki-laki dan perempuan tentu berbeda, karena kegemaran mereka satu sama lain jelas berbeda. Beberapa benda yang disukai anak laki-laki tentu ada kemungkinan tidak disukai anak perempuan, dan begitupun sebaliknya. Penambahan pernak-pernik atau hiasan kamar akan membuat anak semakin betah dan nyaman di dalam kamar mereka.

Memastikan ukuran kamar tidur anak

Sebelum Anda berniat menempatkan beberapa perabot kamar, sebaiknya Anda memperkirakan berapa luas kamar tidur anak Anda. Setelah memastikannya, Anda bisa menempatkan beberapa perabot kamar yang dibutuhkan anak Anda. Jangan sampai anak Anda kekurangan tempat untuk bermain atau bergerak karena kamar tidur mereka telah dipenuhi barang-barang perabot kamar tidur. Jika Anda mengalami kendala ukuran kamar tidur yang tidak begitu luas, jangan khawatir karena ada solusinya yaitu dengan menggunakan tempat tidur tingkat.

Beberapa tips seperti diatas bisa Anda praktekkan untuk menyenangkan hati anak Anda. Anak akan semakin nyaman, betah dengan kamar tidur barunya yang sesuai dengan keinginannya.

sumber gambar:
1. http://media.vivanews.com/images/2008/09/16/54269_kamar_anak__2_.jpg
2. http://img4.bbs.szhome.com/uploadfiles/images/2010/03/03/0303001459977.jpg