Resep

Resep Kue Apem Ala Ibuku

resep kue apem ala ibukuBagi sebagian masyarakat Jawa, kue apem memang punya nilai sendiri. Kalau kata teman-teman di kantor, kue apem buat orang Jawa itu biasanya ada pada saat orang meninggal. Tapi, kalau kata mertuaku, apem itu makanan khas saat lebaran. Artinya maaf, begitu kata beliau. Dan aneh deh, kue apem aslinya ternyata terbuat dari tepung beras. Padahal, ibuku sering buatkan aku dari tepung terigu biasa, lho!

Ya, salah satu kue favorit di keluargaku adalah kue apem. Mungkin karena kami bukan berasal dari suku Jawa, jadi kami tidak mengenal istilah selamatan dengan apem saat hari Jumat legi. Buat kami, kue apem itu enak, terutama jika toppingnya adalah keju parut yang lezaaat!!

Buka-buka resep apem di internet, ternyata bahan dasar apem pada umumnya itu dari tepung beras dan kebanyakan nggak pake topping. Polos aja, cokelat semua. Lalu, darimana ibuku bisa punya ide membuatnya dari terigu biasa? Hmm, nggak masalah deh, yang penting rasa, dan pastinya lebih murah! Mau tau resep mudahnya?

Bahan Kue Apem:

–          Tepung terigu

–          Telur

–          Fermipan

–          Gula

–          Garam sedikit

–          Santan (kalau suka)

–          Keju parut

–          Cokelat bubuk/meises

–          Air

Cara Membuat Kue Apem:

Buat adonan apem di sebuah baskom. Terigu, telur, gula, garam, dan fermifan diadon menjadi satu dengan air. Ganti air dengan santan jika Anda ingin menggunakan santan. Aduk sampai adonan melembut dan tidak ada butiran terigunya. Diamkan sampai adonan mengembang. Setelah mengembang dengan baik, segera panggang dengan cetakan khusus apem. Tutup sebentar, taburkan keju parut atau cokelat sebagai topping, tutup lagi sebentar sampai benar-benar matang.

BACA JUGA:  Nasi Goreng Seafood, Resep Masakan Khas Indonesia

Hmm…apem siap disantap!

Gambar: titanbaking.com

Sumber Gambar : http://blog.aseankorea.org/uploads/2014/07/apem1.jpg