Resep

Resep Minuman Bandrek Susu

Share Yuk!

resep minuman  bandrek susuBandung memang identik dengan kulinernya yang beragam. Mulai dari kuliner tradisional sampai kuliner modern yang “langka dan ada-ada saja” semua ada di sana. Masing-masing memiliki kekhasan tersendiri yang tidak dimiliki oleh daerah lain.

Salah satu minuman favorit yang khas dari kota Parahyangan ini adalah bandrek. Mungkin Anda mengenal minuman yang satu ini. Aroma rempahnya yang khas dan sedap, daging kelapa mudanya yang mantap, juga khasiatnya yang sangat bagus untuk kesehatan. Hmmm…yummy!

Di stasiun Kiara Condong, saya pernah menemukan seorang pedagang bandrek dan bajigur yang rasanya sangat enak. Saya tidak tahu apakah bapak penjual itu saat ini masih mangkal disana atau tidak. Tapi yang jelas, rasanya TOP!

Kita pun bisa membuatnya sendiri. Lebih lengkap dan lebih nikmat daripada beli bandrek instan yang ada di toko-toko. Mudah, kok!

Bahan Membuat Bandrek Susu :

–          ¼ kg gula merah

–          Gula pasir secukupnya

–          Cengkeh

–          Kayu  manis

–          1 ons jahe (dibakar sebentar lalu dimemarkan)

–          Daun pandan 3 lembar

–          Garam sedikit

–          Kelapa muda (dagingnya dikerok)

–          Susu  (jika suka)

–          Air + 1 liter

Cara Membuat Bandrek Susu :

Rebus semua bahan kecuali kelapa muda dan susu, hingga mendidih dan keluar aroma rempahnya yang khas. Saring dan buang ampasnya. Taruh kelapa muda dan susu kental manis di gelas saji, lalu guyur dengan bandrek yang masih hangat. Bila suka, Anda boleh menambahkan kopi instan atau cokelat instan untuk membuat rasa yang berbeda.

Apa khasiat dari minuman ini? Banyak sekali. Karena mengandung susu dan jahe, minuman ini dapat menghangatkan badan-terutama di hari hujan-, menambah stamina, meredakan sakit tenggorokan, dsb.

BACA JUGA:  Perawatan Intern Alami Untuk Kulit Sehat

Selamat menikmati!

Sumber Gambar : http://bumbuinstansehat.com/wp-content/themes/shopperpress/thumbs/Bandrek-Susu.jpg
Share Yuk!