Bayi & Anak, Kesehatan

Ramuan Tradisional Untuk Mengobati Masuk Angin Pada Bayi

masuk angin pada bayiTerjadinya perubahan cuaca disertai dengan daya tahan tubuh bayi yang menurun bisa membuat bayi mengalami beberapa masalah kesehatan. Salah satunya yang sering dialami bayi saat musim pancaroba yaitu masuk angin. Kondisi ini tentu bisa membuat para ibu panik dan segera melakukan pertolongan pertama untuk mengobatinya. Pengobatan pertama bisa dengan memberikan ramuan tradisional dari bahan alami. Beberapa rempah-rempah secara turun temurun telah dipercaya ampuh melawan masuk angin pada bayi.

Ramuan Tradisional Untuk Mengobati Masuk Angin Bayi

Bagi Anda ibu-ibu yang sering mengalami masalah ini, Anda perlu tahu ramuan apa saja sih yang baik digunakan untuk mengobati masuk angin pada bayi? Berikut ini kami informasikan beberapa ramuan tradisional untuk mengobati masuk angin pada bayi.

Ramuan tradisional dengan parutan bawang merah

Bawang merah dipercaya ampuh mengatasi masalah masuk angin pada bayi. Anda bisa membuat parutan beberapa siung bawang merah yang dicampur dengan minyak kelapa. Parutan tersebut cukup Anda balurkan ke bagian punggung dan perut bayi. Bawang merah akan memberikan efek yang menghangatkan badan sehingga masuk angin pada bayi akan hilang dengan cepat.

Ramuan tradisional dengan daun jarak

Anak yang masuk angin bisa dilihat dengan gejala perut kembung karena gas dalam perutnya tidak bisa keluar. Untuk mengatasi perut kembung, Anda bisa menggunakan daun jarak. Daun jarak bisa Anda berikan pada bayi Anda saat bayi Anda usia 2 bulan keatas. Caranya dengan mengambil satu lembar daun jarak, cuci dan keringkan. Daun jarak yang sudah kering kemudian dipanaskan di atas api yang kecil tapi tidak terlalu lama. Setelah itu, daun jarak diletakkan dalam wadah bersih dan dicampur dengan minyak telon, saat daun jarak masih hangat suam-suam kuku segera tempelkan ke perut bayi. Anda biarkan daun tersebut beberapa menit, kemudian lakukan lagi proses seperti tadi.

Ramuan tradisional dengan mandi rempahdaun jarak mengatasi masuk angin

Ramuan tradisional mandi rempah baik digunakan untuk mengatasi masuk angin dan flu pada bayi. Namun, harus diingat bahwa mandi rempah ini baru bisa Anda lakukan untuk bayi dengan usia 6 bulan keatas. Ramuan mandi rempah dengan cara memasukkan kayu secang secukupnya ditambah sereh secukupnya, dua buah cengkeh, serta satu sendok makan daun teh. Setelah semua ramuan siap, Anda bisa langsung memandikan bayi Anda dalam ramuan air hangat tersebut.

3 resep ramuan tradisional tersebut bisa Anda praktekkan untuk mengatasi masuk angin pada bayi Anda. Jangan lupa juga untuk mengetahui apa penyebab dari masuk angin yang dialami bayi Anda, sehingga kejadian tersebut tidak akan terulang lagi. Melakukan pencegahan terjadinya masuk angin tentu lebih baik daripada mengobati! Bayi tidak akan mengalami keluhan dan tidak akan terganggu waktu istirahatnya. Untuk mencegah agar masuk angin tidak terjadi pada bayi Anda, bisa dengan memakaikan baju hangat saat musim dingin atau saat malam hari, mengganti pakaian yang telah basah, serta memastikan posisi bayi saat menyusu sudah benar sehingga tidak ada udara yang masuk. Selalu jaga kesehatan bayi Anda ya!

PRODUK UNGGULAN :

sumber gambar:
1. http://www.deguapas.com/uploads/2010/10/masaje-de-bebe.jpg
2. http://buluabu.files.wordpress.com/2011/06/jarak-daun.jpg

Produk Menarik untuk Anda:

Syifa Kids Penawar Angin, Obat Masuk Angin Anak

Syifa Kids Penawar Angin, Obat Masuk Angin Anak

syifa kids penawar angin merupakan madu herbal yang terbuat dari bahan-bahan alami yang aman untuk ....
Madu  Anak Syifa Kids FLu & Batuk Atasi Flu & Batuk, Sakit Kepala, Meriang & Masuk Angin

Madu Anak Syifa Kids FLu & Batuk Atasi Flu & Batuk, Sakit Kepala, Meriang & Masuk Angin

Madu Syifa Kids Fluba adalah Formula nutrisi yang menggabungkan, Madu Murni, habbatussauda dan herbal alami, ....