Bayi & Anak, Kesehatan

Penyebab Sakit Mata Pada Bayi

sakit mata pada bayiAyah dan bunda pastinya akan merasa khawatir jika mata si kecil merah, apalagi jika disertai dengan belek yang memenuhi mata. Bayi cenderung lebih rentan terhadap berbagai macam penyakit termasuk sakit mata dibandingkan oleh orang dewasa. Hal itu tentunya dengan berbagai macam penyebab mulai dari penyumbatan saluran mata ke rongga hidung, alergi, iritasi, sampai terjadinya infeksi mata yang disebabkan oleh virus dan bakteri.

Penyebab Sakit Mata Bayi

Virus dan juga bakteri yang terdapat pada tangan bayi akan lebih mudah berpindah ke mata. Pada saat bayi merasakan sesuatu terjadi pada matanya seperti rasa gatal atau perih maka secara spontan bayi akan menggunakan tangannya untuk mengucek mata. Jika hal itu terjadi maka penyebaran untuk virus dan juga bakteri akan lebih mudah menyebar sehingga bisa mengakibatkan sakit mata pada bayi.

Berikut ini adalah beberapa hal penyebab timbulnya sakit mata pada bayi yang perlu Anda ketahui :

1. Infeksi jalan lahir. Penyebab sakit mata pada bayi ini biasanya didapatkan oleh bayi ketika proses persalinan berlangsung. Dokter biasanya akan memberikan obat mata yang sesuai dengan apa penyebab sakit mata atau infeksi tersebut.

2. Adanya sumbatan yang terjadi pada saluran air mata bayi. Kondisi seperti ini akan menyebabkan aliran air mata bayi ke rongga hidung menjadi terhambat, sehingga mata bayi pun secara terus menerus akan berair. Genangan air mata inilah yang dapat mengundang kuman penyakit penyebab infeksi mata bayi.

3. Mata bayi yang terkontaminasi dengan virus dan bakteri dapat menjadi salah sata penyebab sakit mata pada anak. Hal itu karena kebiasaan bayi yang sering menyentuh daeah sekitar mata setelah bayi berinteraksi atau menyentuh benda-benda yang ada disekelilingnya, terlebih lagi benda yang berpotensi mengandung kuman dan bakteri.

4. Masuknya bakteri melalui debu atau asap secara tidak sengaja.

5. Akibat paparan radiasi secara berlebih dari alat elektronik.

6. Kurangnya asupan vitamin A dari makanan bergizi yang dikonsumsi oleh bayi.

Pada saat bayi mengalami sakit mata, maka berhati-hatilah dalam menanganinya. Jangan sampai Anda memberikan obat sakit mata pada bayi yang beredar dipasaran meskipun buah hati Anda telah berusia 1 bulan atau bahkan sudah 5 bulan. Untuk mengobati sakit mata pada bayi sebaiknya Anda mengkonsultasikannya pada dokter mata. Sehingga Anda bisa mengobati sakit mata pada bayi sesuai dengan penyebab sakit mata tersebut.

PENTING UNTUK ANDA :

sumber gambar : http://www.selalufit.com/uploads/2014/05/baby-kelilipan.jpg

Produk Menarik untuk Anda:

Moment Propolis, Obat Herbal Sebagai Antioksidan

Moment Propolis, Obat Herbal Sebagai Antioksidan

Propolis merupakan suatu zat yang dihasilkan oleh lebah madu, dimana zat tersebut terdiri dari pucuk ....
Kapsul Bilberry, Menjaga Kesehatan Mata dan Tubuh

Kapsul Bilberry, Menjaga Kesehatan Mata dan Tubuh

Kapsul bilberry adalah kapsul herbal yang kaya akan polifenol dan antosianosida sebagai antioksidan yang bisa ....