Kesehatan, Pasutri

Faktor Penyebab Gairah Seksual Wanita Mengalami Penurunan

Penyebab Gairah Seksual Wanita Mengalami PenurunanTugas sebagai seorang istri adalah bisa menyenangkan hati suaminya, sehingga bagi wanita yang sudah berumahtangga, memelihara hasrat seksual sangat diperlukan untuk kelangsungan rumahtangganya. Jika salah satu dari keduanya memiliki masalah seksual, maka tentu akan mempengaruhi keharmonisan keluarganya. Gairah seksual yang meningkat juga akan membantu meningkatkan kesehatan wanita. Selain itu, kepercayaan diri dan rasa kepuasan hidup juga akan terpenuhi. Kesehatan seksual yang berjalan dengan lancar juga bisa menghilangkan stres, dan mengurangi resiko terserang penyakit.

Agar hal itu tidak terjadi pada Anda, sebaiknya Anda mengetahui apa saja hal yang bisa menurunkan gairah seksual wanita. Jika Anda sudah mengetahuinya, tentunya Anda akan melakukan pencegahannya. Faktor apa saja sih yang bisa mempengaruhi turunnya gairah seksual wanita? Berikut kami informasikan faktor penyebab gairah seksual wanita mengalami penurunan.

Wanita yang memasuki masa menopause

Saat wanita memasuki masa menopause banyak perubahan yang akan mereka alami, seperti penurunan hasrat seksual. Fase ini pasti dialami oleh semua wanita karena ini merupakan proses alamiah. Pada fase menopause hormon estrogen wanita menurun dari  tahun ke tahun. Hal ini bisa menjadi salah satu penyebab dorongan seksual wanita menjadi turun.

Menggunakan pil KB

Ada beberapa alat kontrasepsi bisa menjadi penyebab seorang wanita mengalami gairah seksual yang menurun. Anda bisa lebih teliti dalam menggunakan alat kontrasepsi, sebaiknya Anda konsultasikan dengan dokter Anda untuk mendapatkan alat kontrasepsi yang tidak memberikan dampak pada kondisi seksual Anda.

Mengalami beberapa masalah psikologis

Ada banyak masalah psikologis yang bisa mempengaruhi dorongan seksual pada wanita. Masalah seperti depresi, stres, cemas, masalah keuangan keluarga, serta tekanan pekerjaan bisa membuat dorongan seksual wanita menjadi menurun. Anda bisa melakukan beberapa cara seperti konseling dengan psikolog terkait dengan masalah Anda untuk membantu menurunkan tingkat stres yang Anda alami.

Mengalami trauma di masa lalutrauma masa lalu

Seseorang yang mengalami trauma di masa lalu seperti mempunyai pengalaman seksual yang kurang baik akan berpengaruh dengan kegiatan seksualnya di masa mendatang. Wanita yang mengalami masa lalu suram akan memiliki perasaan tidak nyaman dalam melakukan hubungan seksualnya. Jika hal ini sudah terjadi, hal terbaik yang bisa Anda lakukan adalah berbicara dengan pasangan Anda terkait dengan masalah yang sedang Anda hadapi. Saling terbuka bisa memberikan jalan keluar dari masalah yang Anda alami.

Penggunaan Obat

Beberapa penggunaan obat seperti obat diabetes, anemia, bahkan obat penenang juga bisa menjadi penyebab seorang wanita mengalami masalah penurunan gairah seksual.

Menderita Suatu Penyakit

Masalah penurunan gairah seksual pada wanita bisa juga disebabkan karena masalah fisik seperti menderita suatu penyakit. Kondisi kesehatan yang bisa menyebabkan gairah seksual menurun seperti gangguan tiroid, diabetes, anemia, serta gangguan kesehatan lainnya. Jika Anda mengalami gangguan kesehatan, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan pengobatan.

sumber gambar:
1. https://origin.ih.constantcontact.com/fs171/1101517808680/img/289.jpg
2. http://2.bp.blogspot.com/-yTQJXuAH268/Tpt5xqp6J7I/AAAAAAAAD5M/3cyQ_Ju6EBc/s1600/ansiedade.jpg