7 Manfaat Permainan Petak Umpet Untuk Pertumbuhan Anak

permainan petak umpetDalam mendidik anak sebaiknya tidak monoton memberikan pendidikan formal seperti latihan membaca, menulis, atau menggambar. Dunia anak merupakan dunia dimana pendidikan masih banyak didapatkan melalui permainan. Banyak permainan anak-anak yang bisa memberikan manfaat bagi kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosi. Salah satu permainan yang masih menjadi favorit anak-anak dari berbagai daerah yaitu permainan petak umpet.

Selain menyenangkan, ternyata permainan ini juga bisa memberikan manfaat bagi anak-anak. Berikut kami informasikan 7 manfaat permainan petak umpet untuk pertumbuhan anak antara lain:

1. Anak menjadi lebih aktif

Permainan petak umpet bisa membantu anak untuk menjadi anak yang lebih aktif. Anak yang aktif bergerak akan mengalami perkembangan yang signifikan daripada anak yang banyak diam. Dalam permainan ini, anak akan berlari dan bersembunyi sehingga secara tidak langsung anak sudah melakukan olahraga.

Daripada hanya bermain game atau menonton televisi, lebih baik anak diarahkan untuk melakukan kegiatan yang lebih bermanfaat.

2. Anak bisa belajar bersosialisasi

Bersosialisasi tidak hanya dilakukan oleh orang dewasa, anak kecil pun sudah harus melakukan hal tersebut untuk membiasakannya sampai ia dewasa. Permainan ini dilakukan dengan cara bersama-sama tanpa memandang ras atau latar belakang keluarga. Semua anak-anak akan terlibat aktif dalam permainan tersebut.

3. Belajar berhitung

Permainan ini tidak hanya baik bagi pertumbuhan fisik anak-anak, tetapi juga bagi perkembangan kecerdasan anak. Anak-anak akan berlatih menghitung dalam permainan ini. Anak-anak yang bermain dibagi menjadi 2 peran yaitu berperan sebagai pencari dan yang akan dicari. Saat anak mendapatkan kesempatan menjadi pencari, tentu dia akan menyebutkan hitungan untuk memberikan kesempatan kepada yang bersembunyi.

4. Membuat anak menjadi kreatif

Permainan petak umpet akan memberikan pelajaran bagi anak untuk bisa mengasah otaknya dimana anak harus lebih kreatif mendapatkan tempat persembunyian yang berbeda dengan teman lainnya. Pada kondisi ini anak akan dituntut untuk berfikir cepat agar bisa menemukan tempat yang kira-kira akan sulit ditemukan.

5. Melatih anak patuh pada aturanmelatih kecerdasan otak

Untuk melatih anak agar bisa taat pada berbagai aturan, baik aturan dari lingkungan terkecil seperti keluarga, aturan sekolah, lingkungan masyarakat bahkan sampai lingkungan besar seperti aturan negara, anak harus dididik sejak dini. Belajar mendisiplinkan anak tidak harus lewat pendidikan formal atau kata-kata dari Anda, tetapi bisa juga dilakukan lewat sebuah permainan. Dalam permainan ini anak-anak akan bermain bersama dengan mematuhi peraturan yang telah dibuat bersama. Setiap anak harus bisa mematuhi dan melaksanakan semua ketentuan yang telah dirumuskan dan disepakati. Jika aturan yang telah dibuat dipatuhi bersama, permainan akan berjalan dengan lancar dan menyenangkan.

6. Belajar berdiskusi akan suatu masalah

Permainan yang dilakukan secara bersama-sama tentu diperlukan kesepakatan bersama pula untuk melakukan hal tersebut. Dalam permainan ini semua pemain harus bisa membuat, menyetujui dan melaksanakan aturan dalam permainannya. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi perselisihan yang akan berujung pada pertengkaran.

7. Melatih sportivitas anak

Dalam permainan ini, pemain yang kalah dan menang harus bisa menerima dan melakukan tugasnya masing-masing. Anak-anak akan belajar bagaimana menerima kekalahan dengan tetap menikmati permainan tersebut.

Banyaknya manfaat yang bisa didapatkan dari beberapa permainan anak seperti permainan petak umpet, sehingga Anda bisa mendukung anak untuk melakukannya. Sebagai orangtua, Anda bisa mendorong dan mengarahkan anak untuk lebih mengembangkan kreativitasnya dengan bermain, daripada hanya menonton televisi atau bermain game online.

sumber gambar:
1. http://www.corbisimages.com/images/42-16936018.jpg?size=572&uid=%7B2D79B039-2219-457D-A852-75B5B326916A%7D
2. http://4.bp.blogspot.com/-MGejkfB0jc4/TVomNMhr2lI/AAAAAAAAANU/hP5kWV1jZbo/s320/petak-umpet.jpg

2 Komentar

Komentar