Keluarga, Tumbuh Kembang Anak

Cara Melatih Anak Agar Memiliki Daya Ingat Yang Kuat

tips melatih daya ingat anakSetiap orang tua tentu menginginkan anaknya menjadi anak yang cerdas dan memiliki daya ingat yang kuat. Karena dengan memiliki daya ingat yang kuat, anak akan dengan mudah menerima pelajaran di sekolah dan tidak mudah lupa. Namun tidaklah mudah memiliki anak yanng memiliki daya ingat yang kuat. Dibutuhkan banyak hal untuk mewujudkannya. Dimulai dari faktor genetis, faktor nutrisi dan yang terakhir adalah faktor cara belajar atau latihan. Berikut kami akan membahas bagaimana cara melatih anak agar memiliki daya ingat yang kuat.

1. Melatih anak belajar berkomunikasi dengan baik

Anak diajarkan berkomunikasi dengan baik dengan cara mengajarkan dari hal yang kecil seperti menanyakan berbagai kegiatan yang telah anak lakukan dan temui. Tentu anak akan terpancing untuk mengingat hal yang telah ia lakukan. Misalnya, bermain dengan siapa saja, apa permainannya, atau dimana ia menaruh mainannya.

2. Mengajarkan bersikap disiplin

Mengajarkan anak untuk berbuat disiplin tidak hanya akan membiasakan anak berbuat disiplin dan tanggung jawab, tapi juga bisa mengasah otaknya. Latihan belajar disiplin bisa dimulai dengan hal sederhana, seperti menaruh barang-barang miliknya dalam kategori tertentu dan tempat tertentu. Hal ini supaya ia mudah untuk mencari dan menaruh kembali barangnya. Dengan ini, anak akan terbiasa untuk berpikir cara mengolah info yang diperoleh untuk ingatan jangka panjang kelak.

3. Menggunakan flash card

Menggunakan flash card akan mempermudah ia untuk mengenal benda-benda atau istilah baru. Caranya, perlihatkan kartu tersebut beberapa kali lalu tanyakan padanya nama-nama yang ada dalam kartu tersebut. Misalnya, nama sayuran, nama profesi, dan lain-lain.

4. Bermain sambil belajar

Belajar juga bisa dilakukan sambil bermain, seperti mengajak anak untuk bermain melempar gelang. Caranya, ketika anak melempar gelang, minta ia untuk sambil berhitung. Tidak perlu banyak-banyak, cukup lima atau sepuluh hitungan.

BACA JUGA:  Mengompol Juga Memberikan Dampak Positif Bagi Anak

5. Mengulangi cerita yang sudah diterima

Bercerita kepada anak sebelum tidur atau saat santai, tidak hanya memberikan manfaat menambah kosakata anak dan mendekatkan ikatan batin ibu dan anak, tapi juga bisa mengasah daya ingat anak. Anda bisa membantu anak Anda untuk mengingat-ingat cerita yang sudah disampaikan. Contohnya, nama-nama tokoh dalam cerita tersebut atau kisah apa saja yang terjadi dalam cerita tersebut.

6. Bermain puzzlemadu anak cerdas cendekia

Bermain puzzle selain sangat mengasyikkan, juga bisa mengasah daya ingat anak. Anda bisa menggunakan puzzle yang tidak terlalu rumit, misal 3-5 potong atau keping. Beri waktu anak untuk mengamati bentuknya, baru melepas puzzle tersebut dari dalam bingkainya, kemudian anak disuruh memasangnya kembali sesuai dengan bentuk semula.

7. Ajak anak untuk bersama-sama menyusun jadwal kegiatan setiap hari

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatan kemampuan memori anak. Karena anak akan terbiasa untuk mengingat kegiatan yang sudah ia susun dalam jadwal tersebut.

Demikian beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengasah buah hati Anda. Selain cara seperti diatas, Anda bisa melengkapinya dengan memberikan nutrisi penting untuk pertumbuhan otaknya. Salah satunya bisa dengan memberikan madu syifa kids cerdas cendikia, madu kids arba’in, dan habbafit madu.

PENTING UNTUK ANDA 

Sumber gambar : http://bayi.info/uploads/2013/01/tips-melatih-daya-ingat-bayi.jpg

Produk Menarik untuk Anda:

Mainan Anak Edukatif – Shape Block puzzle

Mainan Anak Edukatif – Shape Block puzzle

Shape block puzzle, mainan ini bermanfaat untuk mengenalkan bentuk-bentuk dasar kepada anak-anak. Bermain puzzle adalah ....
Mainan Anak Edukatif – Kereta Geometri

Mainan Anak Edukatif – Kereta Geometri

Goemetric train, mainan bentuk kendaraan ini sangat lah menarik untuk mengajarkan anak tentang jenis kendaraan, ....
Madu Herbal Syifa Kids Cerdas dan Cendekia Meningkatkan Kecerdasan Anak

Madu Herbal Syifa Kids Cerdas dan Cendekia Meningkatkan Kecerdasan Anak

Madu Syifa Kids Cerdas Cendekia merupakan madu anak untuk nutrisi 100% alami tanpa bahan kimia ....