Keluarga, Motivasi

Percaya Diri Dalam Menjalani Hidup

percaya diriSetiap orang memiliki kekurangan dan kelebihan dalam dirinya masing-masing, namun ketahuilah bahwa dimata Allah kita semua ini sama. Allah tidak pernah membedakan mana cantik, mana jelek, mana kaya dan mana miskin. Dimata Allah hanya amal perbuatan kita selama hidup di dunia yang membedakan setiap hambanya. Jadi, janganlah kita merasa tinggi apabila kita memiliki banyak kelebihan dan merasa rendah karena kekurangan kita. Yakin bahwa kita bisa lebih baik dari oran lain.

Percaya diri adalah salah satu sifat atau aspek kepribadian yang sangat penting dalam kehidupan setiap orang. Orang yang percaya diri berarti dia telah menghargai dirinya sendiri dan yakin akan kemampuan yang dimiliki. Bahkan disaat dia sadar bahwa kemampuan dirinya jauh dibawah orang lain dia tetap optimis dan tetap berfikir positif bahwa dirinya tetap yang terbaik.

Apa yang menyebabkan orang kurang percaya diri?

Jika dilihat dalam kehidupan sehari-hari, seseorang yang memiliki sifat kurang percaya diri biasanya disebabkan karena dia tidak bisa menghargai dirinya sendiri dengan rasa bersyukur dan merasa dirinya tidak mampu melakukan sesuatu yang berguna.

Akibat dari kurangnya rasa percaya diri

  1. Seseorang tidak memiliki keinginan kuat dan tujuan hidup yang harus di capai dengan penuh perjuangan dan kerja keras.
  2. Malas-malasan dan tidak punya semangat.
  3. Merasa malu atau takut dalam menghadapi orang.
  4. Mudah putus asa dalam menghadapi suatu masalah.
  5. Menjadi sensitif, pendiam dan suka menyendiri.

Tips Tampil Percaya Diri

  1. Menghargai diri sendiri kemudian menghargai orang lain, yakin bahwa setiap orang memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing.
  2. Bersyukur dengan apa yang telah Allah berikan pada kita.
  3. Mempunyai tujuan hidup, selalu berusaha sekuat tenaga untuk mencapainya dan tidak lupa berdoa.
  4. Jangan takut akan kegagalan, sikapi dengan bijaksana. Kegagalan bukan akhir dari suatu perjuangan, kita masih bisa bangkit dari kegagalan itu.
  5. Bergaul dengan banyak orang yang bisa memberikan motivasi dan berdampak bagus bagi kita.
  6. Buang jauh-jauh rasa malu dalam diri kita yang membuat kita kurang percaya diri.
BACA JUGA:  Manfaat Menerapkan Pendidikan Disiplin Pada Anak

Yakinlah bahwa kita adalah salah satu orang yang mendapat anugerah dari Allah. Masih banyak orang yang kurang beruntung, sehingga kita wajib bersyukur dan senantiasa percaya diri dalam menjalani hidup. Kita pasti bisa, yang penting Pede aja lagi!

Sumber gambar :
1. http://ellemsakura.files.wordpress.com/2012/08/self-confidence.png
2. http://thegospelcoalition.org/blogs/tgc/files/2012/03/i-love-myself.jpg