Kehamilan & Kelahiran, Kesehatan

Olahraga Tepat Bagi Ibu Hamil Bayi Kembar

olahraga untuk ibu hamil bayi kembarSaat sedang mengandung bayi kembar, beberapa keadaan sering membuat ibu hamil membutuhkan adaptasi ekstra. Misalnya saja untuk menghadapi rasa mual dan juga muntah yang lebih parah dibandingkan pada saat hamil tunggal. Selain itu, beberapa kondisi yang mengganggu kesehatan ibu hamil seperti sakit punggung dank ram juga cenderung lebih tinggi dialami ibu hamil bayi kembar.

Olahraga Untuk Ibu Hamil Bayi Kembar

Pada saat ibu hamil sedang mengandung bayi kembar, ibu hamil tidak disarankan untuk melakukan olahraga yang terlalu berat. Sebelum memutuskan untuk berolahraga pun ibu hamil sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Selanjutnya, lakukan olahraga dengan hati-hati sehingga tidak membahayakan bayi kembar di dalam kandungan. Beberapa olahraga yang aman bagi ibu hamil bayi kembar diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Berenang

Berenang adalah salah satu olahraga yang aman untuk ibu hamil bayi kembar, air bisa membantu ibu hamil mendukung berat ekstra yang dibawa. Air juga dapat mendukung sendi serta ligamen berolahraga dan mencegah terjadinya cedera. Efek dingin didalam air juga dapat menjaga Anda dari overheating. Namun, jika Anda menderita sakit panggul atau pinggang sebaiknya konsultasikan pada dokter sebelum berenang.

2. Yoga

Yoga adalah olahraga ringan yang baik bagi ibu hamil bayi kembar. Yoga bisa memberikan kebugaran dan membantu melemaskan otot-otot Anda. Saat melakukan olahraga yoga, hindarilah gerakan telentang terutama setelah usia kandungan 16 minggu karena posisi tersebut bisa menurunkan aliran darah menuju rahim.

3. Pilates

Latihan ini dapat mengelola stress pada ibu hamil yag berhubungan dengan nyeri punggung atau pinggul dan membantu mengoptimalkan posisi janin. Sebelum melakukan latihan pilates, pastikan bahwa ibu hamil bisa melakukan dasar panggul kontrksi yang kuat. Carilah juga kelas pilates yang memang benar-benar dirancang untuk ibu hamil dengan memilih instruktur yang berkualitas. Jangan lupa untuk memberi tahu instrukstur pilates bahwa Anda sedang mengandung bayi kembar.

4. Latihan Dasar Panggul

Selama masa kehamilan biasanya ibu hamil akan mengalami perubahan berat badan karena ibu hamil memiliki banyak hormon-hormon kehamilan yang lebih banyak dalam sistem tubuh. Bahkan ibu hamil terkadang juga mengalami kondisi seperti buang air kecil yang tidak disadari saat batuk atau bersin. Melakukan latihan dasar otot panggul secara teratur dapat membantu ibu hamil mengatasi masalah tersebut. Jika masalah tersebut masih terus berlanjut, konsultasikan pada dokter spesialis kandungan Anda.

5. Jalan Santai

Selama ibu hamil bayi kembar merasa nyaman dan tidak merasakan nyeri pada panggul dan punggung, maka jalan kaki atau jalan santai adalah salah satu olahraga yang cocok dilakukan selama masa kehamilan. Olahraga tersebut akan membantu proses persalinan ibu hamil secara normal. Yang terpenting disini adalah, lakukan olahraga sesuai dengan kemampuan Anda. Jangan melakukan latihan hingga Anda kelelahan. Lakukan pada tingkat yang aman dan nyaman sehingga baik bagi kesehatan ibu hamil dan dua janin dalam kandungan.

Itulah beberapa olahraga yang tepat dan aman bagi ibu hamil bayi kembar. Semoga informasi tersebut bisa bermanfaat khususnya bagi para ibu hamil.

PENTING UNTUK ANDA :

sumber gambar : http://www.wearemomspr.com/uploads/2014/10/Screen-Shot-2014-10-01-at-1.51.47-PM.png

Produk Menarik untuk Anda:

Madu Ibu Hamil Al Mabruroh, Aman Dan Sehat

Madu Ibu Hamil Al Mabruroh, Aman Dan Sehat

Pada awal masa kehamilan, seorang ibu hamil membutuhkan nutrisi yang seimbang untuk melengkapi dan membantu ....
Maternity Pillow, Bantal Ibu Hamil dan Menyusui

Maternity Pillow, Bantal Ibu Hamil dan Menyusui

Maternity pillow merupakan bantal ibu hamil dan ibu menyusui yang bisa memberikan sebuah kenyamanan pada ....