Tumbuh Kembang Anak

Menumbuhkan Kreativitas Anak

Menumbuhkan Kreativitas AnakTernyata tak cuma intelegensi saja yang kini harus dimiliki untuk mengarungi kehidupan yang semakin ketat. Kreativitas pun tak kalah bergunanya. Kreativitas haruslah dikembangkan sejak dini pada diri seorang anak. Peran utama orang tua dan guru haruslah sinergi dalam  memberikan rangsangan kepada anak mengembangkan sebuah kreativitas. Juga haruslah berusaha melihat lebih jauh dan lebih mendalam proses si anak dalam mencapai suatu tujuan dan tidak sekadar menginginkan hasil secepat-cepatnya, karena kreativitas adalah sebuah proses.
Beri Rangsangan

Hal-hal dibawah ini harus dilakukan orang tua ataupun guru agar anak dapat mengembangkan kreativitasnya, seperti :

  1. Menciptakan lingkungan yang aman dan memberikan kebebasan bagi anak dalam mengungkapkan pendapat, perasaan dan sikapnya
  2. Orang tua atau guru harus menghormati anak sebagai individu, menghargai keunikan anak.
  3. Orang tua atau guru jangan menghargai prestasi anak hanya dengan rangking
  4. Orang tua atau guru  harus dapat menjadi model atau panutan bagi anak.
  5. Orang tua atau guru harus menghargai kreativitas dan keingintahuan anak akan sesuatu., jadi sebuah keharusan bagi  orang tua atau guru  untuk belajar, mengikuti semua perkembangan yang ada agar dapat mengimbangi rasa ingin tahu anak.
  6. Orang tua atau guru  harus dapat menunjang kegiatan anak.
  7. Orang tua atau guru  dapat menjadikan anak mandiri dan dapat mengambil keputusan sendiri.
  8. Memberikan pujian pada anak bila mereka melakukan sesuatu dengan baik dan mulai mengurangi hukuman.
  9. Sering berkomunikasi secara dua arah dengan anak. Gunakan teknik bertanya, sehingga memancing diskusi dengan merangsang rasa keingintahuan anak.

Umumnya anak-anak yang kreatif memiliki sikap mandiri. Suatu “tekanan”, kekuatan yang mendorong baik dari lingkungan maupun dari diri sendiri kadang juga diperlukan agar anak bisa kreatif. Namun selain itu terdapat dua faktor yang mempengaruhi kreativitas, sehingga setiap anak akan memiliki tingkat kreativitas yang berbeda-beda. Kedua faktor tersebut adalah faktor yang timbul secara alami atau bawaan yang berasal dari genetik dan faktor pengalaman atau lingkungan.

Sumber Gambar : http://www.administradores.com.br/_assets/modules/noticias/noticia_88713.jpg

BACA JUGA:  Membuat Origami Serigala