Tumbuh Kembang Anak

Tips Mengatasi Anak Ketagihan Game

Share Yuk!

tips-mengatasi-anak-ketagihan-gameMengatasi anak ketagihan game memang bukan perkara yang mudah. Apalagi jika sang anak bisa berjam – jam memainkaannya, baik game yang ada di PC maupun game dari Smartphone. Jika hal tersebut dibiarkan maka sang anak bisa menjadi ketergantungan dengan dunia virtual dan ia akan menjadi kesulitan untuk menghadapi dunia nyata. Alangkah baiknya anda sebagai orangtua menerapkan jam khusus untuk bermain game dan mengajak sang anak untuk berinteraksi dengan orang lain ataupun dunia luar. Berikut ini ada beberapa tips mengatasi anak ketagihan game:

1. Alihkan Perhatian Sang Anak Dari Game

Ketika sang anak ingin bermian game, cobalah anda mengalihkan perhatian anak anda dengan melakukan aktivitas lainnya. Misalkan saja ketika anda sedang memasak di dapur, ajaklah anak anda untuk membantu anda walaupun hanya sekedar mencuci sayuran yang akan dimasak.

2. Kegiatan Berolahraga

Ajaklah anak anda berolahraga dengan begitu bisa membuat anak anda melupakan untuk bermain game. Anda bisa mengajak sang anak berolahraga yang ringan seperti basket, sepak bola dan lain sebagainya.

3. Buat Jadwal Keseharian Anak

Terapkan jadwal pada sang anak, misalnya saja kapan sang anak harus makan. Jika memeiliki tugas sekolah harap dikerjakan terlebih dahulu sebelum bermain. Dan juga jangan mandi terlalu sore bagi anak anda.

4. Pilihkan Permainan Ketangkasan

Jika sang anak masih saja ingin bermain game, pilihkanlah permainan ketangkasan. Misalkan saja dengan bermain game puzzle game simulasi. Atau game lainnya yang bisa mengasah kemampuan ketangkasan sang anak.

5. Ekstrakulikuler Sekolah

Anda bisa mendorong anak anda untuk mengikuti ekstrakulikuler yang ada disekolah. Selain dapat mengasah kemampuan sang anak pada bidang yang ia minati,hal tersebut akan membuat sang anak lupa akan bermain game.

BACA JUGA:  Cara Jitu Hadapi Anak Yang Ngambek

6. Liburan Keluarga

Rancanglah liburan keluarga pergi ke pantai atau keluar kota, dimana anak anda dapat menikmati keindahan alam. Selain bisa membuat refreshing juga dapat membuat sang anak lebih dekat dengan alam dan keluarga tanpa memikirkan game.

 

Share Yuk!

Produk Menarik untuk Anda:

Sprei Waterproof Import 90 x 200

Sprei Waterproof Import 90 x 200

Sprei waterproof  merupakan sprei anti air dengan bahan yang berkualitas import. Dengan sprei ini, bunda ....
Pembalut Kain Jelita-V Standar Motif

Pembalut Kain Jelita-V Standar Motif

Pembalut Kain Jelita-V Standar Motif merupakan pembalut yang dirancang khusus untuk wanita yang aktif di ....
Frutablend, Menjaga Daya Tahan Tubuh Dan Kesehatan Jantung

Frutablend, Menjaga Daya Tahan Tubuh Dan Kesehatan Jantung

Deskripsi Produk : Frutablend adalah kapsul herbal yang diracik dari 22 macam jenis sayuran dan ....