Parenting

5 Cara Menidurkan Anak

Share Yuk!

5-cara-menidurkan-anak1
Cara menidurkan anak setiap orangtua berbeda- beda, apalagi ketika sang anak sedang masa aktif – aktifnya bermain. Bahkan ada beberapa orangtua yang merasa kewalahan karena sang anak yang tak kunjung tidur karena masih ingin bermain. Namun para orang tua harus tetap menidurkan sang anak, karena anak – anak masih memerlukan waktu istirahat yang cukup. Berikut ada beberapa cara menidurkan sang anak.

1. Buat Kebiasaan/ Atur Jadwal Tidur Anak

Buat jadwal tidur sang anak setiap harinya, misalnya saja ketika tidur siang itu jam 13.00-14.00, ketika malam jam 20.00. Jadwal tersebut bisa menyesuaikan dengan usia sang anak dan juga kebutuhan dari sang anak sendiri. Jika sang anak sudah dibiasakan tidur dijadwal sejak kecil maka hal tersebut akan menjadi terbiasa ketika sudah besar.

2. Ciptakan Kenyamanan

Kenyamanan sangat mempengaruhi nyenyak tidaknya anak. Jika sang bayi tidur dengan nyenyak maka hal tersebut dapat membuat sang anak memiliki kualitas tidur yang baik. Anda bisa membuat sang anak tidur nyaman dengan menepuk – nepuk pelan tangan atau kaki sang anak.

3. Nyanyikan Lagu

Anda bisa juga dengan menyanyikan lagu anak – anak atau lagu kesukaan sang anak. Anda bisa menyanyikannya dengan suara pelan dan halus. Selain menyanyi juga bisa dengan menepuk – nepuk dengan lembut kaki atau tangan anak anda.

4. Membacakan Dongeng

Jika anak anda kesusahan untuk tidur, atau sulit untuk di ajak tidur cobalah dengan membacakan dongeng sebelum tidur kepada sang anak. Anda bisa membacakan dongeng kesukaan sang anak atau dengan dongeng kepahlawanan.

5. Ijinkan Anak Membawa Mainan Kesukaan

Anak – anak biasanya mempunyai mainan kesukaan mereka tersendiri, bahkan saking sukanya sampai warnanya sudah memudar. Jangan larang anak anda membawa mainan kesukaan anak anda, karena hal tersebut bisa membuat sang anak lebih mudah untuk tertidur.

BACA JUGA:  Pola Asuh Mengancam Anak Memiliki Dampak Negatif Lho

Kebutuhan Tidur Anak

Kebutuhan tidur anak berbeda-beda, pada umumnya ditentukan dari umur masing-masing anak, seperti:  anak balita/bayi yang membutuhkan antara 16-20 jam per hari (termasuk pemberian susu),  6 bulan – 1 tahun membutuhkan 11 jam tidur (termasuk 2 jam tidur disiang hari), dan 1 tahun keatas umumnya membutuhkan 10-13 jam tidur.

Share Yuk!

Produk Menarik untuk Anda:

Sprei Waterproof Import 90 x 200

Sprei Waterproof Import 90 x 200

Sprei waterproof  merupakan sprei anti air dengan bahan yang berkualitas import. Dengan sprei ini, bunda ....
Pembalut Kain Jelita-V Jumbo Motif

Pembalut Kain Jelita-V Jumbo Motif

Jelita-V Jumbo Motif merupakan inovasi produk pembalut kain cuci ulang dari Jelita-V yang aman, nyaman.  ....
Ayla Breast Care Perawatan Payudara Secara Alami

Ayla Breast Care Perawatan Payudara Secara Alami

Ayla Breast care merupakan krim pengencang, pencerah dan pelembut payudara sehingga terlihat indah dan ideal. Terbuat ....