Kehamilan & Kelahiran, Kesehatan

Mencegah Puting Ibu Menyusui Tergigit Bayi Saat Menyusu

Tiap ibu menyusui pasti memiliki tantangan tersendiri dalam setiap tahapan menyusui. Tantangan yang sering ditemui oleh banyak ibu menyusui dan membuat ibu akhirnya menyerah sampai harus berhenti menyusui adalah ketika bayi sudah mulai banyak tumbuh gigi. Banyaknya tumbuh gigi membuat bayi mulai suka menggigit, tanpa terkecuali menggigit puting ibu pada saat menyusui. Ibu menyusui akan menjadi kesakitan sampai akhirnya pemberian asi eksklusif pada bayi dihentikan sebelum bayi genap berusia 2 tahun.

Tidak sulit mengatasi rasa sakit saat digigit bayi sewaktu menyusu, namun membutuhkan keyakinan dan juga kesabaran. Bayi yang berusia satu tahun ke atas biasanya lebih mudah diajak berkomunikasi dengan verbal dan non verbal. Memberikan sebuah pemahaman kepada bayi untuk tidak menggigit puting pada saat menyusu dengan cara yang tepat dapat meningkatkan hubungan emosional antara ibu menyusui dan bayi.

Tips Mencegah Puting Ibu Menyusui Tergigit

Agar ibu menyusui tetap nyaman di masa pemberian asi eksklusif ketika bayi sudah mulai menggigit, maka ibu perlu memberikan respon yang baik dan tepat pada si bayi. Berikut ini adalah beberapa tips mencegah puting ibu menyusui tergigit oleh bayi yang disusui.

1. Pastikan posisi menyusui dengan benar

Posisi menyusui yang baik dan benar saat bayi menyusu yaitu dalam hal perlekatan. Usahakan agar mulut bayi benar-benar bisa terbuka lebar, kemudian ibu bisa memasukkan aerola atau puting payudara ke dalam mulutnya.

2. Susui bayi saat mau dan benar-benar lapar

Jangan paksa bayi untuk menyusu pada saat mereka tidak lapar, karena biasanya bayi akn menggigit puting payudara ibu sebagai bentuk keterpaksaan bayi atau mereka menganggap puting payudara ibu sebagai mainannya.

BACA JUGA:  Manfaat Pemberian ASI Eksklusif Bagi Ibu Menyusui

3. Berikan perhatian penuh pada bayi

Lakukan kontak mata dengan bayi pada saat ibu sedang menyusui. Selain itu, ibu juga bisa membacakan dongeng atau cerita saat bayi sedang menyusu.

4. Pilih tempat yang tenang dan nyaman saat menyusui

Selain posisi menyusui yang tepat, ibu juga harus memilih tempat yang nyaman dan tenang pada saat menyusui sehingga bayi akan konsentrasi untuk menyusu tanpa menggigit puting payudara ibu. Sebaliknya, jika ibu memilih tempat yang ramai maka bayi akan cenderung menoleh ke sumber suara tanpa melepaskan puting payudara sehingga kemungkinan tergigit sangat besar.

5. Akhiri menyusui dengan lembut

Pada saat ibu ingin mengakhiri proses menyusui, maka akhiri dengan lembut karena biasanya bayi akan menggigit di saat akhir menyusu. Oleh sebab itu, tariklah puting payudara ibu secara perlahan pada saat sedotan si bayi sudah melemah. Itu berarti bahwa dia sudah akan selesai menyusu.

6. Berikan benda untuk digigit

Berikan buah wortel atau pisang dingin yang sudah dikupas kulitnya jika bayi menunjukkan kebiasaan menggigit pada saat menyusu. Hal itu bisa menjadi salah satu cara agar bayi jera dan tidak mau menggigit lagi.

Tidak sulit bukan? Itulah beberapa tips mencegah puting ibu menyusui tergigit bayi saat menyusu. Jika puting payudara ibu pernah tergigit, janganlah berputus asa. Usahakan untuk tetap menyusui bayi, karena pemberian asi eksklusif sangat penting bagi tumbuh kembang bayi.

sumber gambar : https://pondokibu.com/uploads/2014/11/ibu-menyusui.jpg

Produk Menarik untuk Anda:

Madu For Mama, Membantu Ibu Menyusui Melancarkan ASI

Madu For Mama, Membantu Ibu Menyusui Melancarkan ASI

Madu for mama adalah madu alami yang dikombinasi dengan tanaman herbal berkhasiat seperti buah kurma, ....
Maternity Pillow, Bantal Ibu Hamil dan Menyusui

Maternity Pillow, Bantal Ibu Hamil dan Menyusui

Maternity pillow merupakan bantal ibu hamil dan ibu menyusui yang bisa memberikan sebuah kenyamanan pada ....
Asina, Nutrisi Khusus Ibu Menyusui

Asina, Nutrisi Khusus Ibu Menyusui

Air susu ibu atau yang sering disebut ASI merupakan suatu kebutuhan penting untuk mencukupi nutrisi ....