Tumbuh Kembang Anak

Membantu Anak Untuk Mulai Menulis

Membantu Anak Untuk Mulai Menulis

Ketika anak mulai suka menggambar sesuatu di mana-mana, termasuk di tembok rumah, maka ketika itulah kembangkanlah ketrampilannya dalam menulis. Yang awal adalah kenalkan mereka dengan ABC, dan selanjutnya ikutilah uraian berikut ini.

1.    temukanlah cara yang kreatif untuk mengajari menulis. Ajaklah anak anda menulis huruf-huruf dengan kapur di trotoar atau menulis di tembok rumah dengan cat air.
2.    ajaklah anak anda untuk menulis cerita di kertas, kadang kala tulisannya seperti cakar ayam atau kata-kata yang penuh khayalan tidak mengapa. Kemudian suruh dia untuk membacakan untuk anda.

3.    mintalah anak anda untuk menggambar sesuatu, kemudian agar dia membuat cerita tentang hal itu. Setelah itu suruh anak anda menceritakan tanpa melihat tulisannya dan lihatlah hubungan antara bahasa tulisan dan bahasa lisannya.

4.    bantulah anak anda membuat buku dengan kertas yang dilipat jadi dua dan menstaplesnya. Biarkan dia mengisinya dengan tulisannya sendiri dan juga gambar-gambarnya.

5.    doronglah anak anda untuk mengenal huruf-huruf dengan memakai kartu alphabet. Guntinglah gambar-gambar di majalan dan letakkan pada kartu bersesuaian dengan huruf awalnya.

6.    tunjukkan kepada anak anda bagaimana anda menulis. Tunjukkan kepadanya daftar tulisan anda dan mintalah dia menulis sendiri. Dan bacalah tulisannya dengan keras agar rasa percaya dirinya bertambah.

Sumber Gambar : http://img.ehowcdn.com/750x500/ehow/images/a06/98/51/creative-writing-topics-kids-1.1-800x800.jpg

BACA JUGA:  Mendidik Anak Dengan Bercerita