Tumbuh Kembang Anak Di Usia Sekolah

tumbuh-kembang-anak-di-usia-sekolahTumbuh kembang anak di usia sekolah merupakan fase dimana anak mulai mengenal lingkungan luar dan mengenal lingkungan yang lebih luas. Karena pada saat di sekolah anak mulai berinteraksi dengan orang – orang yang baru di kenal serta dalam lingkup sosialisasi yang besar.

Faktor – faktor yang mempengaruhi tumbuh kembang anak

1. Faktor Gizi

Gizi yang baik sangat mempengaruhi tumbuh kembang anak, karena anak masih membutuhkan nutrisi serta gizi yang banyak. Dengan gizi yang baik akan membuat anak menjadi tumbuh sehat dan meminimalisir penyakit yang ada. Dengan begitu anak akan tumbuh aktif dan dapat melakukan segala aktivitasnya dengan baik. Gizi yang baik bisa di dapatkan melalui menu makanan, susu serta vitamin.

2. Faktor Mental

Faktor mental anak sangat dibutuhkan dalam menghadapi lingkungan yang ada karena ia akan mulai bersosialisasi dalam lingkup yang lebih luas. Selain itu di masa sekolah anak akan mulai mengenal banyak hal dan memulai pencarian jati diri anak tersebut. Oleh karena itu anda harus bisa mempersiapkan mental anak sejak dini dalam hal kemandirian, bertanggung jawab serta percaya diri.

3. Faktor Lingkungan

Lingkungan pertama seorang anak adalah lingkungan keluarga. Oleh karena itu keluarga memiliki peran penting dalam pertumbuhan anak terutama ketika akan menginjak usia sekolah. Selain lingkungan keluarga lingkungan yang lainnya yang akan berpengaruh banyak pada perkembangan anak usia sekolah karena memiliki lingkup yang lebih luas.

Hal yang harus anda tanamkan pada anak sejak dini ketika menghadapi usia tumbuh kembangnya adalah dalam hal pendidikan agama. Karena pendidikan agama yang kuat pada anak akan membuat anak bisa membedakan mana yang baik dan mana yang buruk. Serta membedakan mana yang boleh dilakukan dan mana yang tidak. Dengan begitu perilaku moral anak ketika ia di sekolah akan menjadi terkendali.

 

Leave a Comment