Tumbuh Kembang Anak

9 Makanan Kecerdasan Otak Anak

Share Yuk!

9-makanan-kecerdasan-anakSetiap makanan memiliki kandungan nutrisi, tapi ada makanan tertentu yang tanpa disadari ternyata memiliki fungsi khusus, seperti beberapa makanan kecerdasan otak. Makanan yang bernutrisi sangat penting dalam tumbuh kembang anak. Meskipun kecerdasan anak dipengaruhi oleh faktor internal yaitu genetika akan tetapi beberapa faktor eksternal termasuk pada aktivitas fisik, stimulasi, asupan nutrisi dan kesehatan juga ikut berperan. Berikut ini makanan kaya nutrisi yang berfungsi dapat menambah kecerdasan otak.

1. Ikan Salmon

Ikan salmon memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang berperan penting terhadap pertumbuhan dan perkembangan fungsi otak anak anda. Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa anak yang mendapatkan asupan lemak omega-3 akan lebih mempunyai kemampuan berfikir yang tajam. Menurut para ahli bahwa ikan tuna juga memiliki kandungan asam lemak omega-3 namun kandungan asam lemak omega-3 lebih banyak ada di ikan salmon.

2. Buah Berry

Buah berry seperti stroberi, blackberry, raspberry, blueberry, dan lain sebagainya banyak mengandung nutrisi penting yang baik bagi kesehatan. Antioksidan yang tinggi pada buah berry, terutama vitamin C, memiliki peran untuk mencegah kanker. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak stroberi dan blueberry mengalami perbaikan fungsi daya ingat. Biji dari buah berry diketahui juga mengandung asam lemak omega-3.

3. Oat

Oat atau oatmeal adalah sejenis sereal yang populer di kalangan anak-anak. Oatmeal merupakan sumber nutrisi penting bagi otak. Oat mampu menyediakan energi untuk otak yang sangat diperlukan anak-anak dalam mengawali kegiatan di pagi hari. Kandungan serat di dalam oat bermanfaat dalam menjaga kesehatan dan kecerdasan otak anak anda. Oat juga merupakan sumber Vitamin E, Vitamin B, seng dan kalium yang dapat membuat fungsi tubuh dan fungsi otak berfungsi secara optimal.

BACA JUGA:  Membuat Origami Kelinci

4. Gandum Murni

Otak membutuhkan persediaan atau suplai glukosa dari tubuh yang sifatnya stabil atau konstan. Gandum murni mempunyai peran untuk mendukung kebutuhan itu. Serat yang terkandung di dalamnya bisa membantu mengatur pelepasan glukosa dalam tubuh. Makanan ini juga memiliki kandungan vitamin B yang berguna dalam memelihara kesehatan sistem saraf.

5. Telur

Telur merupakan sumber protein yang mudah di dapat serta harganya pun cukup terjangkau. Pada bagian kuning telur mengandung kolin, yakni suatu zat yang bisa membantu perkembangan memori anak anda.

6. Kacang – Kacangan

Kacang-kacangan merupakan makanan yang spesial karena menawarkan segudang energi yang berasal dari karbohidrat kompleks dan protein. Selain itu, kacang juga merupakan sumber serat, mineral, dan vitamin. Kacang dikatakan baik untuk otak karena makanan ini dapat memberikan energi lebih lama dan membantu kemampuan berpikir anak-anak. Berdasarkan hasil penelitian, kacang pinto dan kacang merah mengandung asam lemak omega-3 lebih banyak dibandingkan dengan kacang jenis lainnya.

7. Selai Kacang

Kacang tanah dan selai kacang diketahui kaya akan vitamin E, antioksidan yang berperan dalam melindungi membran-membran sel saraf. Kandungan tiamin dan vitamin E membantu otak dan sistem saraf dalam penggunaan glukosa untuk membentuk energi yang dibutuhkan tubuh

8. Susu dan Yogurt

Makanan-makanan yang berasal dari produk susu cenderung mengandung vitamin B dan protein yang tinggi. Kedua jenis nutrisi penting ini dapat membantu pertumbuhan jaringan otak, enzim, dan neurotransmitter. Susu dan yogurt juga bisa membantu perut kenyang karena kandungan karbohidrat dan proteinnya sekaligus menjadi sumber energi untuk otak.

9. Sayuran Berwarna

Sayuran seperti wortel, bayam, labu, ubi jalar, dan tomat merupakan sayuran-sayuran kaya nutrisi dan antioksidan yang akan membuat sel-sel otak jadi lebih kuat dan sehat. Mengkonsumsi variasi sayuran memang sangat penting untuk kesehatan meskipun pada kenyataannya anak-anak tidak menyukai sayuran, untuk itu anda dapat membuat olahan cemilan dari bahan dasar sayuran.

Share Yuk!

Produk Menarik untuk Anda:

Sprei Waterproof Import 180 x 200

Sprei Waterproof Import 180 x 200

Sprei waterproof  merupakan sprei anti air dengan bahan yang berkualitas import. Dengan sprei ini, bunda ....
Pembalut Kain Jelita-V Jumbo Motif

Pembalut Kain Jelita-V Jumbo Motif

Jelita-V Jumbo Motif merupakan inovasi produk pembalut kain cuci ulang dari Jelita-V yang aman, nyaman.  ....
Madu Herbal mister honey nafsu makan

Madu Herbal mister honey nafsu makan

Mister Honey Nafsu Makan adalah madu plus herbal-herbal alami yang diformulasikan untuk menambah nafsu makan, ....
Madu Herbal Syifa Kids Cerdas dan Cendekia Meningkatkan Kecerdasan Anak

Madu Herbal Syifa Kids Cerdas dan Cendekia Meningkatkan Kecerdasan Anak

Madu Syifa Kids Cerdas Cendekia merupakan madu anak untuk nutrisi 100% alami tanpa bahan kimia ....