Kecantikan, Kesehatan, Perawatan Tubuh

Manfaat Daun Sirih Merah Bagi Kesehatan Tubuh

Daun sirih merah atau disebut juga dengan Piper Crocatum adalah salah satu jenis tanaman obat yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, yaitu mampu menyembuhkan berbagai macam jenis penyakit. Selain bermanfaat bagi kesehatan tubuh, tanaman ini juga memiliki nilai-nilai spiritual yang tinggi dimana daun sirih merah sering digunakan oleh masyarakat Yogyakarta dalam upacara adat.

Tanaman obat daun sirih memiliki beragam spesies, diantaranya adalah sirih hijau, sirih hitam, sirih gading dan sirih merah. Semua tanaman daun sirih mempunyai ciri yang hampir sama yaitu tanamannya yang tumbuh secara merambat dan bentu daunnya mirip dengan hati berwarna merah mengkilap sedikit keperakan.

Daun sirih merah mengandung bahan kimia seperti minyak atsiri, kavicol, kavibetol, hidroksikavicol, karvakrol, allylprokatekol, cineole, eugenol, p-cymene, caryofelen, ter-penena, fenil propada dan kadimen estragol.  Begitu banyaknya kandungan yang terdapat dalam tanaman inilah yang memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut ini adalah beberapa manfaat daun sirih merah bagi kesehatan tubuh.

  1. Mengatasi keputihan dan bau yang tidak sedap pada daerah kewanitaan. Caranya dengan merebus 7 sampai 10 lembar  kemuadian biarkan air rebusan tersebut dingin dan gunakan untuk membasuh daerah kewanitaan.
  2. Sebagai obat kumur untuk menghilangkan bau mulat dan menyegarkan nafas. Oleh sebagian besar orang tua jaman dahulu, daun sirih sering digunakan sebagai bahan untuk membersihkan gigi.
  3. Sebagai anti oksidan, anti inflamasi, anti diabatic, anti kanker dan anti septic karena daun sirih merah mengandung zat polifenol, alkanoid dan plavonoid yang baik untuk kesehatan tubuh. Dimana zat alkanoid bekerja untuk menghambat pertumbuhan sel-sel kanker di dalam tubuh.
  4. Sebagai anti jamur karena mengandung zat kalvakol. Jika Anda terjatuh dan terluka maka gunakan air perasan daun sirih merah untuk desinfektan sebagai pembunuh kuman. Rasanya mungkin sangat perih namun luka akan cepat sembuh.
  5. Sebagai penyembuhan diare karena daun sirih merah mengandung senyawa kimia tannin.
  6. Sebagai pembersih mata. Caranya remas-remas daun sirih kemudian campurkan dengan air bening. Masukkan mata kedalam wadah yang telah berisi air perasan daun sirh  dan kedip-kedipkan mata.
BACA JUGA:  Gairah Sex Menurun?! Bagaimana Menanggulangi

Informasi mengenai manfaat daun sirih merah bagi kesehatan tubuh diatas semoga dapat bermanfaat bagi Anda dan dapat membantu menjaga kesehatan tubuh Anda secara alami tanpa efek samping yang membahayakan tubuh. Selamat mencoba.

sumber gambar : http://stmiknh.wartakampus.com/berita/siriup_sirih_ugm.jpg

Produk Menarik untuk Anda:

Sabun Sirih untuk Perawatan Organ Kewanitaan

Sabun Sirih untuk Perawatan Organ Kewanitaan

Sabun Sirih adalah sabun alami yang terbuat dari daun sirih alami yang bermanfaat untuk perawatan ....
Sabun Herbal Wahida Dengan Habbatus Sauda dan Daun Sirih

Sabun Herbal Wahida Dengan Habbatus Sauda dan Daun Sirih

  Sabun Herbal wahida habbatussaudah dan daun sirih merupakan sabun alami yang terbuat dari bahan-bahan ....
Sirih Merah Celup, Minuman Kesehatan Kaya Akan Vitamin

Sirih Merah Celup, Minuman Kesehatan Kaya Akan Vitamin

Sirih Merah Selup merupakan minuman herbal yang terbuat dari 100 daun sirih merah yang di ....