Manfaat Buah Semangka Untuk Ibu Hamil

Siapa yang tak kenal dengan buah semangka. Ya, banyak orang menyukai buah ini karena rasanya yang manis dan warnanya yang sangat menarik. Tidak hanya yang berwarna merah, saat ini kita juga dapat menjumpai buah semangka dengan warna kuning, yang rasanya tidak kalah manis dengan semangka warna merah.

Buah semangka merupakan salah satu buah yang berkhasiat untuk mencegah dehidrasi saat puasa. Buah ini memiliki kandungan air yang sangat banyak yaitu sekitar 90%. Selain dikenal dengan kesegarannya, buah dengan warna merah dan rasa manis yang menggoda ini ternyata memiliki beberapa manfaat yang belum banyak diketahui.

Sebelumnya kita mungkin pernah mendengar mitos tentang bahaya buah semangka bagi ibu hamil. Namun setelah diteliti lebih jauh, buah semangka sama sekali tidak berbahaya bagi ibu hamil, justru malah menyimpan banyak manfaat. Manfaat semangka tidak hanya untuk memberikan kesegaran dan asupan vitamin bagi tubuh, tetapi juga sangat baik sekali untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

Untuk mengetahui manfaat apa saja yang dimiliki oleh buah semangka bagi ibu hamil, berikut ini kami informasikan manfaat buah semangka bagi ibu hamil yaitu:

  1. Bisa mengurangi perasaan mual bagi ibu hamil
  2. Dapat membantu mengurangi morning sickness pada kehamilan trimester pertama
  3. Sebagai penambah cairan tubuh karena buah semangka memiliki kandungan air sekitar 90%
  4. Pencegah terjadinya kram otot pada kehamilan trimester pertama
  5. Mengurangi resiko terjadinya preeklampsia hingga 50%. Kandungan likopen yang dimiliki buah semangka memiliki khasiat untuk mengurangi terjadinya preeklampsia pada ibu hamil
  6. Meringankan gejala heartburn atau rasa panas pada perut
  7. Membantu perkembangan otak, penglihatan, otot, serta sistem imun pada janin
  8. Membuat tubuh ibu hamil tampak lebih segar dan sehat

Semangka yang segar selain mengandung vitamin A, C, dan potassium juga memiliki vitamin B6 dan magnesium. Semua nutrisi ini sangatlah dibutuhkan ibu hamil. Apalagi di dalam buah tersebut terdapat lycopene dan anti oksidan yang bisa mencegah penyakit jantung dan kanker, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Bagi ibu hamil yang ingin sehat dan segar, Anda bisa mengkonsumsi buah semangka setiap hari. Rutin mengkonsumsi buah semangka akan sangat bagus untuk kesehatan janin. Jika Anda merasa bosan, buah semangka bisa Anda buat menjadi berbagai jus atau dessert segar.

Setelah mengetahui beberapa manfaat buah semangka untuk ibu hamil di atas, tidak ada salahnya bukan jika Anda menambahkan buah semangka dalam daftar buah yang Anda konsumsi selama berpuasa. Selamat mencoba!

sumber gambar:
1. http://www.skindr.com.tw/ckfinder/userfiles/images/3c2e15e1b81c4fd68a1d771b3938fda3.jpg
2. http://www.tyden.cz/obrazek/201304/517e30a496504/crop-404305-tehotenstvi.jpg

4 thoughts on “Manfaat Buah Semangka Untuk Ibu Hamil”

  1. Ap ini bner2 boleh dan tidak berbhya….soal.y msiih ada rasa takut untuk konsumsi semangka saat hamil

    Reply
    • Selamat pagi bunda. Mengkonsumsi buah semangka pada saat hamil tidak dilarang asalkan jangan makan terlalu banyak dan berlebihan. Namun, jika bunda masih merasa ragu, sebaiknya konsultasikan pada dokter kandungan. Terima kasih.

  2. makasi infonya,awalnya takut juga tiap hari makan semangka karena takut masuk angin katanya,tapi ternyata bermanfaat untuk ibu hamil seperti saya.

    Reply
  3. Terima kasih atas info yg dberikan..karena sangat berguna dan menambah pengetahuan bagi org awam yg kurang mengetahui ttg manfaat dr buah2an maupun ikan,dll.

    Reply

Leave a Comment