Kisah Sukses Mompreneur Catering Makanan Sehat

meal box ala Cathlea Kid Catering ServiceMunculnya suatu tren sekolah dengan menerapkan sistem pembelajaran sehari penuh dapat dimanfaatkan sebagai peluang usaha yang bagus oleh Agustinie Sri Hariyanti Bayuputri atau Titien yang berasal dari Sidoarjo, Jawa Timur. Mulai tahun 2010, Titien mulai menggeluti bisnis catering bagi anak-anak sekolah dengan memberi nama Cathlea Kid Catering Service. Keunggulan dari produknya adalah makanannya dijamin sehat dan bentuknya menarik sehingga membangkitkan nafsu makan anak.

Agar sayuran dan buah digemari anak, maka ia mengemasnya dengan makanan pokok dan lauk menjadi suatu menu yang tidak tampak seperti sayuran yang biasa anak-anak lihat. Misalnya sayur dicampur dengan nasi. Nasi biasanya berwarna putih, di tangan Titien nasi bisa disulap menjadi berwarna hijau, merah atau lainnya. Tergantung warna sayuran yang dicampurkan dengan nasi. Bentuk makanannya pun dapat dibuat menarik dengan membentuknya seperti kura-kura, ikan dan ditambah dengan hiasan warna warni dari makanan sehingga anak akan lebih tertarik.

Selain menarik dari sisi penyajiannya, Titien juga memastikan bahwa makanan yang Ia buat pasti sehat. Karena makanannya tidak menggunakan penyedap rasa, MSG dan pewarna buatan. Untuk menguji makanan buatannya, Titien juga tak segan-segan untuk mewajibkan orang tua mencoba makanan yang Ia buat terlebih dahulu.

Sukses Menjadi Mompreneur Dengan Omset Ratusan Juta

Kini beberapa sekolah terkenal yang ada di Surabaya sudah menjadi pelanggan catering di tempatnya. Dalam mencari suatu ide untuk menciptakan bentuk makanan yang unik dan menarik, Titien mencarinya melalui buku dan majalah anak-anak. Sehingga ia tahu, karakter atau tokoh apa yang banyak disukai bagi anak-anak. Untuk masalah rasa, ia terkadang berdiskusi dengan anaknya yang masih duduk dibangku sekolah TK.

Faktor dari pembungkus makanan juga menjadi salah satu perhatian bagi kemasan meal box yang sehat dan amanTitien. Ia tidak menggunakan tempat makanan yang terbuat dari plastik sembarangan yang tidak dapat dijamin kesehatannya. Titien menggunakan produk yang berkualitas. Agar suatu saat tidak terjadi masalah yang berarti, biasanya Titien akan memberikan surat persetujuan kepada orang tua. Surat persetujuan tersebut berisi tentang riwayat anak, terutama yang berkaitan dengan riwayat kesehatan anak seperti alergi dan sebagainya.

Kisah sukses mompreneur catering makanan sehat ini di mulai dengan modal awal Rp 20 juta dan kini omzet cateringnya sudah mencapai Rp 127,5 juta. Tantangan yang harus dihadapi Titien adalah untuk selalu bisa menciptakan makanan enak, bergizi yang tentu saja menarik bagi anak dan tidak kontra dengan penyakit alergi bagi anak.

Saat ini Titien melayani tiga jenis catering yaitu catering harian anak, harian sekolah, dan catering untuk pesanan ulang tahun. Untuk memilih menu catering harian anak, orang tua tinggal mencentang saja menu yang tertulis dalam daftar menu. Biasanya menu terdiri dari makanan utama, nasi, mie, buah, puding dan salad. Harganya rata-rata Rp 15.000 tiap pack dan untuk pengantaran yang lebih dari 20 km dikenakan tambahan biaya sebesar Rp 2.500. Makanan dapat dipesan sesuai keinginan pelanggan, setiap hari dalam sebulan atau hari-hari tertentu saja. Sedangkan untuk catering ulang tahun, isi dan bentuknya tergantung pada permintaan konsumen.

sumber gambar: 
1. http://twitrpix.com/30i8
2. https://twitter.com/KateringAnak

Komentar