Kesehatan

Khasiat Beras untuk Memutihkan Kulit

Khasiat Beras Untuk Memutihkan KulitTidak hanya menjadi makanan pokok mayoritas masyarakat Indonesia, ternyata beras juga bisa menjadi produk perawatan kulit yang bisa menghaluskan dan memutihkan kulit. Beras dipercaya bisa memberikan kelembaban pada kulit, terutama pada area wajah, sekaligus untuk memutihkan kulit.

“Hal ini berlaku untuk semua jenis beras, karena beras memiliki kandungan squalane oil. Sampai saat ini karena dipengaruhi berbagai macam faktor, beras Jepang adalah beras yang memiliki kandungan squalane oil yang tinggi,” ungkap Henny Maria Anastasia, konsultan spa, kepada Kompas Female, saat peluncuran Citra Spotless White UV di La Piazza, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Minggu (9/10/11) lalu.

Melalui squalane oil tersebut, beras memberi asupan air pada kulit sehingga dapat melembabkan kulit. Selain itu, ekstrak beras juga bisa membantu meningkatkan produksi kolagen yang berfungsi untuk meningkatkan elastisitas kulit. Kandungan penting lainnya adalah vitamin E, yang mampu menutrisi kulit sehingga tampak lebih muda.

Penggunaan beras jepang ini sudah dibuktikan langsung oleh kaum perempuan Jepang yang rata-rata memiliki kulit bersih dan putih. Mereka biasa menumbuk beras hingga halus, lalu menambahkan air dan mengambil sarinya. Kemudian, ekstrak beras ini dibalurkan ke seluruh tubuh. Selain itu, para perempuan Jepang juga terbiasa menggunakan air rendaman beras untuk membasuh kulit mereka. Hasilnya, sel-sel kulit mati terangkat, dan kulit pun menjadi lebih halus dan tampak cerah.

Pengolahan beras untuk kecantikan bisa dilakukan dalam dua jenis, yaitu dalam bentuk tepung dan fermentasi, yang kemudian dibalurkan ke seluruh tubuh.

Beras mengandung zat-zat logam seperti besi, kalsium dan sulfat serta mengandung vitamin. Zat beras bisa banyak diperoleh jika dikupas kulitnya tanpa dibersihkan. Zat beras juga bisa hilang jika salah cara memasaknya yaitu memasak dengan priuk terbuka, membasuh beras terlalu bersih dan membuang air beras selama nasi sedang dimasak. Zat beras juga menjadi berkurang jika beras itu disimpan terlalu lama dan banyak ulat berasnya.

Sumber Gambar : http://2.bp.blogspot.com/-aM4ONDE1THo/UgCDdAAC0JI/AAAAAAAAAHA/upV97SF1Oio/s1600/orez.jpg

BACA JUGA:  Beras Efektif Menjaga Kesehatan Kulit