Cara Mempercepat Menstruasi Secara Alami

Menstruasi atau haid adalah sebuah proses fisiologis dalam tubuh seorang wanita mulai umur remaja hingga menopause. Haid terjadi secara berkala karena terpengaruh oleh hormon reproduksi baik FSH-Estrogen atau LH-Progesteron. Secara umum proses menstruasi rata-rata akan terjadi sekitar 28 hari. Tetapi hal ini tidaklah selalu terjadi untuk setiap wanita. Ada kalanya bisa terjadi pada 21 hingga 30 hari, dan siklus menstruasi itu sendiri akan terjadi selama 5 sampai 7 hari berturut-turut.

Kadang kala terjadi proses menstruasi yang terjadi sangat lambat terhadap seseorang wanita. Memang salah satu hal yang paling umum hal yang menyebabkan terlambat datang bulan adalah karena kehamilan. Tetapi bagi seseorang, hal ini tidaklah mutlak terjadi. Ada kalanya terlambat haid disebabkan oleh berbagai hal yang menyangkut tentang faktor kesehatan dan juga kondisi fisik seseorang.

Bagi seorang pelajar atau mahasiswa misalnya, terlambatnya datang haid bisa diakibatkan oleh karena terlalu lelah, contoh misalnya belajar yang terlalu keras dan faktor lainnya bisa disebabkan oleh faktor olah raga yang sangat kuat. Selain itu pola makan yang tidak sehat, serta penggunaan obat-obatan tertentu juga cenderung dapat mengakibatkan terlambatnya datang bulan.

Bagi Anda yang mengalami telat datang bulan, maka ada hal-hal yang bisa Anda lakukan untuk mempercepat menstruasi secara alami tanpa menggunakan obat-obatan. Ada beberapa cara mempercepat menstruasi secara alami antara lain:

1. Olahraga secara teratur

Berolahraga ringan secara teratur adalah salah satu hal yang dapat Anda lakukan untuk mempercepat terjadinya proses menstruasi. Selain badan menjadi sehat, sirkulasi darah pun akan semakin lancar. Namun dalam hal ini Anda harus menghindari olahraga yang cukup berat, sebab salah satu faktor penyebab sering terlambatnya mendapatkan menstruasi bagi sebagian orang adalah karena faktor olahraga berat yang sering dilakukannya.

2. Minum air putih yang cukup

Menghindari diri dari dehidrasi adalah hal yang perlu diperhatikan oleh seorang wanita yang ingin mendapatkan menstruasi secara cepat. Dehidrasi dapat menyebabkan periode menstruasi yang lama. Seorang wanita yang sehat, harus meminum air beberapa gelas setiap hari. Anda juga harus menghindari kafein, minuman yang mengandung gula, dan alkohol, agar proses menstruasi bisa semakin pendek.

3. Mengkonsumsi makanan yang sehat

Mengkonsumsi makanan sehat setiap hari adalah salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan menstruasi secara teratur dan cepat. Ada penelitian yang menyebutkan bahwa makan yang mengandung cokelat, kafein, gula, daging dan susu cenderung akan menyebabkan proses menstruasi lebih lama.

Pengobatan secara tradisional juga bisa Anda lakukan, dengan mengkonsumsi sekar malam, jamu pil manjakani, pil manjakani, dan manjakani perapat.

Sumber gambar :
1. http://klimg.com/merdeka.com/i/w/news/2012/11/14/114799/540x270/anak-butuh-olahraga-7-menit-setiap-hari.jpg
2. https://pondokibu.com/uploads/2012/06/sekarmalamd.jpg

201 thoughts on “Cara Mempercepat Menstruasi Secara Alami”

  1. Dok saya umur 13thn saya haid bln januari lalu trs knp saya kok belum haid juga sampai sekarang? Apakah normal dok? Soal nya teman2 haid nya lancar dok
    Tolong dijawab yh dok

    Reply
  2. Assalamu’alaikum.umur saya 13 tahun..saya udh pubertas..tpi kok belum haid ya dok..mohon penjelasannya ya dok..

    Reply
  3. Dok..knapa ya saya udah berumu 12 th tpi sya blum hai…teman saya udah pda haid tpi sya blum

    Reply
    • Pada usia remaja memang sering mengalami kekhawatiran apabila belum mengalami menarche (haid untuk pertama kali). Tapi jangan khaawtir, umumnya seorang remaja putri akan mendapat haid pertamanya pada usia 10-15 tahun, kadang-kadang ada juga yang lebih lambat datangnya. Bila teman-temannya sudah menstruasi, sedangkan dia belum. Biasanya hal ini karena keterlambatan yang dipengaruhi oleh faktor keturunan, misalnya : ibunya terlambat mendapat menstruasi pertama, seringkali anaknya juga mengalami hal yang sama.

      Untuk memastikan penyebab keluhan anda silakan berkonsultasi secara langsung oleh dokter sehingga bisa dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang secara lebih detail.

  4. Saya berumur 16thn skrg tpi belum juga menstruasi. Apakah saya selama-lamanya tidak akn menstruasi ? Dan dapatkah saya mendapatkn zuriat suatu hari nanti jika tidak menstruasi ?

    Reply
  5. Dok umur sya udah betumur 15 thun tpi kok knp belum dpt menstruasi pertama,teman2 sya udah dpt semua.bagaimana solusinya?

    Reply
  6. Dok umur saya bru 11 thun dah dpat haid,setelah 4 bulan haid tiba tiba haidnya berhenti dok
    Kenapa bisa begitu dok? Tolong penjelasan nya dok

    Reply
  7. Assalamualaikum ,saya mau tanya dok;umur saya 13tahun tapi saya sudah pernah jaid tapi di 2017 tdk bisa haid .kenapa dok???

    Reply
  8. Dok aku kan udh usia 13 tahun kok saya belom haid juga? Padahal teman² saya udh semua…tolong penjelasan nya dong

    Reply
    • dok..saya usia 11 tahun tapi saya subur dok…tapi saya gak haid teman saya yang gak subur haid paling cepat

  9. dok saya sdh berumur 14 tahun ..tpi mngapa saya belum haid juga?padahal teman2 saya sdh smua..minta saran ny dok

    Reply
    • Assalamualaikum,dok saya udah berumur 14 tahun tapi belum juga haid,padahal teman teman saya udah semuanya.

  10. Assalamu’alaikum umur saya 14 tahun saya sdh mengalami haid pertama, tapi 2 tahun ini haid saya berhenti, saya blm pernah konsultasi ke dokter karna takut. Badan saya juga gemuk.bagaimana apa saya bisa haid lagi? Gimana solusinya dok. Tolong jawab

    Reply

Leave a Comment