Kesehatan Wanita

Fungsi Hormon Estrogen Bagi Kesehatan Wanita

Share Yuk!

Hormon estrogen mempunyai sejumlah peranan yang berbeda bagi tubuh manusia. Namun, pada kenyataanya, hormon estrogen sangat erat kaitannya dengan pengembangan serta pengoperasian saluran reproduksi wanita. Meskipun demikian, hormon estrogen juga memainkan peranan penting bagi kesehatan tulang serta dalam produksi protein tertentu untuk fungsi tubuh yang tepat. Terkadang hormon estrogen juga mempunyai efek patologis bagi tubuh karena bisa meningkatkan proliferasi kanker tertentu pada wanita.

Fungsi Hormon Estrogen Bagi Wanita

Kebanyakan orang mengasosiasikan fungsi hormon estrogen erat kaitannya dengan tindakan pada sistem reproduksi wanita, hal itu memang benar. Akan tetapi, perlu Anda ketahui juga bahwa selain berkaitan dengan sistem reproduksi wanita, hormon estrogen juga memiliki fungsi lain bagi kesehatan yang tidak kalah pentingnya. Berikut ini adalah fungsi hormon estrogen bagi kesehatan tubuh khususnya kesehatan wanita.

1. Berperan penting dalam perkembangan organ reproduksi wanita

Hormon estrogen berperan penting dalam perkembangan organ reproduksi wanita serta kemampuan untuk membawa kehamilan bagi seorang wanita. Salah satu peran pertama yang menunjukkan bahwa hormon estrogen memainkan peran penting dalam kehidupan seorang wanita adalah selama dalam masa pubertas. Selama periode ini, terjadinya peningkatan kadar hormon estrogen berfungsi untuk mendorong perkembangan karakteristik seksual kaum wanita dan mendorong pematangan organ reproduksi internal. Dalam hal ini termasuk rahim dan saluran tuba.

2. Memfasilitasi pembuahan

Selama siklus menstruasi hormon estrogen berfungsi mendorong pertumbuhan dan juga perkembangan dinding rahim dalam mempersiapkan kemungkinan implamasi telur yang dibuahi. Sedangkan untuk lonjakan dalam tingkat pertengahan siklus menstruasi, hormon estrogen mendorong ovulasi. Hormon estrogen juga memainkan peranan yang sangat penting dalam memungkinkan pembuahan telur, karena hormon estrogen membantu leher rahim untuk menghasilkan cairan serta encer lendir yang memfasilitasi transportasi sperma menuju ke telur yang matang.

BACA JUGA:  Mengenal Kista, Mimpi Buruk Kaum Wanita

3. Berperan penting dalam metabolisme tulang

Selain berfungsi untuk membantu sistem reproduksi wanita, hormon estrogen juga berperan penting dalam metabolisme tulang seperti halnya menurunkan pergantian sel-sel tulang, dengan begitu akan mendukung tubuh memiliki kepadatan mineral tulang yang kuat. Peranan ini akan jelas terlihat setelah kaum wanita memasuki masa menopause dan terjadinya penurunan kadar estrogen di dalam tubuh yang disebabkan oleh penurunan kepadatan mineral pada tulang mereka. Hal seperti ini akan menempatkan kaum wanita pada pengembangan osteoporosis.

Itulah beberapa fungsi hormon estrogen bagi kesehatan wanita. Semoga informasi diatas dapat memberikan manfaat yang berarti bagi para pembaca khususnya para kaum wanita. Tetap jaga pola hidup sehat dan salam sehat selalu.

sumber gambar : http://hikmatulimanwatch.files.wordpress.com/2013/07/ijtihad-murid-hikmatul-iman-khuldi-1.jpg
Share Yuk!

Produk Menarik untuk Anda:

Mustika Dara, Herbal Alami Untuk Kewanitaan

Mustika Dara, Herbal Alami Untuk Kewanitaan

Mustika dara merupakan herbal alami yang special diramu untuk para istri yang ingin membahagiakan suaminya. ....
Natural Crystal-X Solusi Cerdas Mencegah dan Mengobati Masalah Kewanitaan

Natural Crystal-X Solusi Cerdas Mencegah dan Mengobati Masalah Kewanitaan

Natural Crystal–X adalah solusi cerdas untuk mencegah dan mengobati masalah organ kewanitaan. Seperti mengaktifkan dan melenturkan kembali ....