Kehamilan & Kelahiran, Kesehatan

Fungsi Air Ketuban Bagi Janin Dalam Kandungan

fungsi air ketuban bagi janinSelama 9 bulan janin tumbuh dan berkembang di dalam air ketuban yang terbungkus oleh kantung ketuban. Lalu, apakah para bunda tahu apa itu air ketuban dan fungsi air ketuban? Air ketuban merupakan cairan yang berada di dalam kantong rahim, cairan ini berfungsi untuk melindungi janin dalam kandungan dan melindungi tali plasenta yaitu tali sebagai penyalur nutrisi. Dan selama 9 bulan itulah janin berada didalam cairan ketuban tersebut. Didalam cairan ketuban, janin mendapatkan kehangatan dari rahim seorang ibu. Jadi, air ketuban memiliki peranan penting bagi kehidupan janin di dalam kandungan ibu.

Fungsi Air Ketuban Bagi Janin

Cairan yang disebut dengan air ketuban ini dapat memenuhi kebutuhan penting bagi janin dengan suhu yang tetap. Siklus dalam air ketuban didaur ulang dengan terus menerus sampai menghasilkan suhu yang tetap. Air ketuban juga dapat mencerminkan sejauh mana kesehatan ibu hamil selama menjalani masa kehamilan. Nah berikut ini adalah beberapa fungsi air ketuban bagi janin yang ada dalam kandungan.

Pertama

Air ketuban berfungsi sebagai cairan yang dapat memberikan perlindungan bagi janin yang ada dalam kandungan selama proses tumbuh dan berkembang. Jadi, janin dalam kandungan tidak terlalu mendapatkan gangguan dari luar seperti benturan yang mungkin terjadi karena ketidaksengajaan.

Ke dua

Ketuban juga bisa menjadi bantalan bagi janin dalam kandungan dari berbagai bahaya seperti infeksi yang bisa menyebabkan gangguan pada tumbuh kembang janin dan adanya trauma dari luar.

Ketiga

Air ketuban bisa menstabilkan suhu di dalam rahim. Suhu yang stabil di dalam rahaim akan membuat janin merasa nyaman dan aman. Hal itu sebebabkan karena air ketuban di daur ulang secara sistematis sehingga kestabilan suhu di dalam rahim tetap terjaga.

Ke empat

Air ketuban juga berfungsi untuk membuat janin lebih leluasa bergerak di dalam rahim. Pada usia kehamilan 18 minggu, janin biasanya sudah mulai melakukan gerakan-gerakan kecil. Untuk mempermudah gerakan janin itulah diperlukan adanya air ketuban.

Ke lima

Air ketuban juga memiliki peranan penting dalam proses pembentukan tubuh janin terutama paru-paru, yang nantinya paru-paru tersebut berfungsi sebagai alat pernafasan.

Ke enam

Janin yang aktif bergerak sangat bermanfaat untuk proses pembentukan tulang. Air ketuban disini berfungsi sebagai media bagi janin agar bisa lebih mudah bergerak di dalam rahim. Janin yang semakin aktif bergerak maka hal itu menunjukkan bahwa kesehatan janin sangatlah baik.

Ke tujuh

Air ketuban berfungsi sebagai media pelapis dari sisi membran timpanik yang akan berdampak bagi pendengaran janin. Dengan adanya air ketuban maka janin di dalam rahim bisa mendengarkan bunyi-bunyian dari luar tubuh ibu. Air ketuban adalah media perantara bunyi yang asalnya dari luar sehingga dapat masuk ke bagian telinga dalam janin.

Tidak hanya bermanfaat bagi janin dalam kandungan, namun cairan ketuban juga sangat penting bagi kesehatan ibu hamil. Air ketuban ini mengisi seluruh rahim ibu hamil, sehingga ketika janin tumbuh dan berkembang tidak akan menimbulkan tekanan terhadap rahim.

PENTING UNTUK ANDA :

sumber gambar : http://www.doxologia.ro/sites/default/files/articol/2014/07/fat.jpg

Produk Menarik untuk Anda:

Madu Ibu Hamil Al Mabruroh, Aman Dan Sehat

Madu Ibu Hamil Al Mabruroh, Aman Dan Sehat

Pada awal masa kehamilan, seorang ibu hamil membutuhkan nutrisi yang seimbang untuk melengkapi dan membantu ....
Maternity Pillow, Bantal Ibu Hamil dan Menyusui

Maternity Pillow, Bantal Ibu Hamil dan Menyusui

Maternity pillow merupakan bantal ibu hamil dan ibu menyusui yang bisa memberikan sebuah kenyamanan pada ....