Ide Bisnis, Mompreneur

Etika Berbisnis Lewat Internet

Etika Berbisnis Lewat InternetEtika ternyata tidak hanya dibutuhkan di dunia nyata saja, tetapi juga di dunia maya (internet). Anda mungkin sudah pernah mendengar istilah netiquette. Apa artinya? Netiquette adalah istilah untuk Net Etiquette atau kita sebut juga dengan etika berinternet.

Nah, saat ini banyak orang mulai beralih menjadikan internet sebagai kantor kedua. Dengan fasilitas tanpa batas ini, orang-orang mengubah brosur menjadi blog dan banner, iklan-iklan di koran dipindah ke forum-forum iklan di berbagai web. Pemasaran produk dan jasa pun menjadi semakin mudah dengan adanya internet. Dan setiap orang mudah untuk saling bertukar informasi bisnis dengan orang lain di seluruh dunia.

Namun, kenyataannya, semakin berkembangnya internet, orang semakin lupa,bahwa berinternet pun memiliki etika.

  1. Tuliskan agenda cybermarketing. Penting bagi Anda yang ingin berbisnis melalui internet untuk membuat agenda ini. Mengapa? Karena sering kali orang menjadi lupa waktu dan tujuan saat surfing di internet. Dengan adanya agenda, kita dapat mendata apa-apa saja yang akan kita lakukan untuk melakukan sebuah pemasaran dalam bisnis kita.
  2. Gunakan fasilitas search engine dengan tepat. Saat Anda ingin melakukan sebuah pemasaran, gunakanlah kata kunci yang tepat dan paling banyak diminati dan dicari oleh orang.
  3. Jangan mengirim email penawaran ke banyak orang sekaligus. Anda yang hoby ber-email ria mungkin pernah menggunakan fasilitas Cc atau carbon copy. Maksudnya adalah email yang Anda kirimkan ke satu orang dapat dikirimkan ke beberapa alamat email lainnya. Nah, pada saat Anda mengirimkan email penawaran, ada baiknya Anda mengirimkan satu email untuk satu alamat saja. Mengapa? Karena menurut etika berinternet, yang seperti ini tidak sopan dan sangat mengganggu. Pada dasarnya, menulis email dengan Cc sama saja seperti menulis email pribadi.
  4. Tidak mengirimkan email yang sama berulang-ulang pada orang yang sama. Anda tahu, bahkan sangat tidak senang manakala ada spam-spam aneh masuk dan memenuhi inbox Anda. Kecuali Anda diminta, jangan pernah mengirimkan email penawaran Anda berulang-ulang pada orang yang sama.
  5. Buat web pemasaran yang tidak terlalu banyak iklan. Sama halnya dengan etika ber-email. Saat Anda memilih website untuk memasarkan produk Anda, usahakan untuk meminimalisir iklan yang ada. Mengapa? Biasanya orang malas untuk membuka website (kecuali website khusus periklanan) jika banyak iklan yang muncul.

Diolah dari berbagai sumber.

Sumber Gambar : http://image.slidesharecdn.com/ethicspresentationfinal20-09-101-120115220831-phpapp02/95/slide-1-728.jpg?cb=1326687041