Cara Menstimulasi Otak Anak

Cara Menstimulasi Otak AnakSetiap orangtua ingin memiliki anak yang cerdas. Berbagai cara akan dilakukan orangtua untuk membantu memacu pertumbuhan dan perkembangan otak anak.

Ada beberapa cara untuk menstimulasi otak anak :

1. Mengajak anak-anak pergi ke museums, kebun binatang. Bicarakan dengan mereka pengalaman pada hari itu. Lalu ajukan pertanyaan untuk merangsang otak mereka mengingat dan memvisualisasikan apa yang telah meraka lihat dan alami.

2. Beri anak-anak beberapa pertanyaan dan beri mereka waktu untuk berpikir dan menemukan jawabannya.

3. Ajari mereka cara berpikir. Pikirkan sesuatu yang akan terjadi. Misalnya  “bagaimana jika bola dilempar ke jendela, apa yang akan terjadi? dan apa akibatnya?

4. Bercanda dengan humor untuk menunjukkan kepada anak bahwa ada banyak cara untuk melihat sebuah benda.

5. Memilih aktivitas dan game yang merangsang otak seperti : puzzle, scrabble, menyusun kata. Ini akan melatih otak mereka dan membentuk kemampuan berpikir mereka.

6. Membacakan mereka buku sesering mungkin sejak dini. Atau mendengarkan kepada mereka tilawah/murottal, karena al Quran juga diyakini mampu meningkatkan intelegensi anak.

7. Hal yang juga sangat penting adalah memberikan/menciptakan lingkungan dengan rasa aman dan penuh cinta. Hal ini sangat membantu perkembangan otak anak.

Sumber Gambar : http://1.bp.blogspot.com/-4jfDeQEHcyY/VOq6GSflP4I/AAAAAAAAAWs/cZw5WlXeR9I/s1600/stroke_brain_cells.jpg

3 Komentar

Komentar