Kecantikan, Perawatan Kaki

Cara Menghilangkan Bau Kaki Dan Penyebabnya

Cara menghilangkan bau kaki
Bau kaki sama halnya dengan bau badan dimana bisa dialami oleh siapa saja. Bahkan seseorang yang mengalami bau kaki dan bau badan terkadang justru tidak menyadarinya. Masalah bau kaki memang sering menjadi masalah yang cukup mengganggu aktivitas siapa pun, terutama saat mereka sedang dalam sebuah acara-acara tertentu. Masalah bau kaki tidak sedap dapat disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya adalah malas menjaga kebersihan kaki sehingga memicu timbulnya bau tidak sedap.

Bau kaki biasanya terjadi dari bercampurnya keringat dengan bakteri sehingga menimbulkan bau yang tidak sedap. Bakteri yang disebut dengan actinomycetes dapat timbul karena pemakaian sepatu yang terbuat dari bahan yang menghambat sirkulasi udara. Biasanya bahan yang dimaksud adalah bahan dari plastik atau sintetis, karena kedua bahan tersebut tidak bisa menyerap keringat dengan baik sehingga kaki akan menjadi lembab dan berbau tidak sedap.

Penyebab Bau Kaki

Sebelum mengatasi masalah bau kaki, alangkah baiknya jika Anda mengetahui terlebih dahulu apa saja yang menjadi faktor penyebab bau kaki berikut ini:

1. Keluarnya keringat yang bercampur dengan bakteri sehingga menimbulkan bau kaki yang tidak sedap.
2. Tidak rajin merawat dan membersikan kuku kaki.
3. Menggunakan kaos kaki atau sepatu yang masih basah.
4. Memakai sepatu yang tidak pernah dicuci.
5. Adanya luka pada kaki yang menyebabkan infeksi.

Lalu bagaimana cara mengatasi bau kaki? Solusinya cukup sederhana dan Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk membeli obat-obatan tertentu. Cukup dengan mengikuti beberapa cara menghilangkan bau kaki berikut ini:

Cara Menghilangkan Bau Kaki

1. Cuci Kaki

Bersihkanlah kaki Anda secara teratur dengan menggunakan air hangat dan sabun antibakteri. Selain itu, Anda juga merendamnya dalam air hangat yang ditambahkan dengan garam dan beberapa tetes minyak tea tree untuk membunuh kuman.

2. Perhatikan Sepatu dan Kaos Kaki

Janganlah menggunakan kaos kaki yang sama selama beberapa hari. Hal itu bisa menyebabkan bakteri yang menyebabkan bau kaki menjadi berkembang biak. Rajinlah mengganti kaos setiap hari atau minimal dua kali sehari dan pilihlah yang berbahan katun.

Selain itu, janganlah menggunakan sepatu yang sama setiap harinya. Jika Anda memiliki dua pasang sepatu, maka gunakanlah secara bergantian. Jangan lupa juga untuk sering menjemur atau mencuci sepatu secara rutin agar jamur dan bakteri tidak sempat berkembang biak.

3. Gunakan Cooling Foot Spray

Produk ini tidak hanya bermanfaat untuk menyegarkan kaki, akan tetapi produk perawatan yang satu ini juga bekerja dengan baik untuk membantu membunuh bakteri yang menjadi penyebab bau kaki. Tambahan mint atau lavender selain mampu menghilangkan bau kaki juga sekaligus bisa memberi efek relaksasi.

Nah, itu tadi adalah beberapa cara menghilangkan bau kaki dan juga penyebabnya. Semoga artikel di atas bisa memberikan banyak manfaat bagi para pembaca khususnya yang memiliki masalah bau kaki.

PENTING UNTUK ANDA:

Sumber Gambar: http://4.bp.blogspot.com/-B7pGYfeWJzc/VI05VHq-G8I/AAAAAAAAAtY/-45idCV3wTo/s1600/bau%2Bkaki.jpg

Produk Menarik untuk Anda:

Rendaman Kaki (Spa Kaki) Cara Alami Memanjakan Kaki

Rendaman Kaki (Spa Kaki) Cara Alami Memanjakan Kaki

Rendaman kaki ( spa kaki ) adalah cara alami untuk memanjakan kaki, dimana rendaman kaki ....