Kehamilan & Kelahiran, Kesehatan

Cara Mengetahui Masa Subur Wanita

Masa subur wanitaMasa subur wanita sekarang ini bisa diketahui dengan mudah baik dengan memperhatikan tanda-tanda fisik yang terlihat maupun dengan menggunakan bantuan alat kesehatan penunjang pemeriksaan kehamilan yang bisa Anda dapatkan di Apotik. Wanita yang sedang dalam masa subur adalah wanita dengan kondisi siap melepas sel telur yang telah matang dan siap untuk dibuahi oleh sel sperma seorang pria.

Ciri Dan Tanda Fisik Masa Subur Wanita

Masa subur adalah masa atau fase yang paling dinantikan oleh setiap pasangan suami istri, karena peluang untuk terjadinya kehamilan akan lebih besar pada saat Anda melakukan hubungan suami istri. Oleh sebab itu, sebaiknya hubungan intim dilakukan pada saat Anda sedang dalam masa subur.

Nah, berikut ini adalah beberapa cara mengetahui masa subur wanita.

1. Air Seni

Alat tes kesuburan ini hampir sama seperti alat tes kehamilan. Anda cukup meneteskan air seni pada alat tes kesuburan dipagi hari kemudian hasilnya bisa dilihat setelah beberapa saat. Apabila masuk pada masa subur, maka akan menunjukkan tanda waktu masa subur. Itulah waktu yang tepat bagi Anda untuk melakukan hubungan suami istri. Tingkat keakuratan alat tersebut cukup tinggi, sekitar 90-95%.

2. Siklus Haid

Siklus haid seorang wanita rata-rata berlangsung setinap 28-30 hari atau 22-35 hari. Sel telur akan keluar atau berovulasi dari indung telur pada pertengahan masa haid atau kira-kira sekitar hari ke-14 hingga ke-16 dihitung mulai dari hari pertama menstruasi atau haid. Jadi, 3 hari sebelum hari ke-14 dan juga 3 hari setelah hari ke-16 merupakan perkiraan masa subur Anda. Pada saat itulah sel telur memungkinkan untuk dibuahi.

3. Getah Lendir Leher rahim (Serviks)

Masa subur wanita bisa diketahui dengan mengamati terjadinya perubahan kekentalan lendir yang keluar dari organ intim wanita. Lakukanlah pengamatan secara rutin setiap harinya. Lendir yang keluar dari organ intim wanita pada masa subur biasanya terlihat seperti daun pakis, sifatnya kenyal, tidak terputus jika dipegang dan akan memanjang jika ditarik serta lengket seperti agar-agar.

4. Ultrasonografi (USG)

Menentukan masa subur dengan cara yang satu ini dapat dilakukan secara serial selama 3-5 hari berdasarkan siklus haid Anda. Dari cara pemantauan ini akan bisa diketahui kapan sel telur mulai terbentuk di dalam indung telur, sampai kapan sel telur dikeluarkan dan kapan sel telur menjadi matang. Cara ini sangat cocok dilakukan bagi Anda kaum wanita yang memiliki siklus haid tidak teratur.

5. Suhu Tubuh

Pada saat sel-sel telur wanita matang, rahim akan bersiap-siap menerima sel telur yang telah berhasil dibuahi. Pada saat itu biasanya suhu tubuh wanita akan meningkat. Untuk bisa mengetahui rentan masa subur Anda, amatilah setiap pola kenaikan suhu tubuh. Caranya dengan melakukan pengukuran suhu pada pagi hari, selama 3 bulan dan setiap hari pada jam yang sama. Ukurlah suhu setiap Anda baru bangun tidur di pagi hari dan belum melakukan aktivitas apa pun juga. Catatlah data suhu tubuh Anda sehingga akan membentuk sebuah kurva. Suhu tubuh yang ada di atas kurva normal akan menunjukkan bahwa Anda sedang dalam masa subur.

Carilah cara menentukan masa subur wanita yang paling mudah supaya hasil yang Anda peroleh lebih akurat dan juga tepat. Semoga bermanfaat.

PENTING UNTUK ANDA!

Sumber gambar : http://berandanews.com/uploads/2014/04/penyebab-umum-haid-tidak-teratur.jpg

Produk Menarik untuk Anda:

Madu Penyubur Kandungan, Nutrisi Untuk Kesehatan Reproduksi

Madu Penyubur Kandungan, Nutrisi Untuk Kesehatan Reproduksi

Madu penyubur kandungan merupakan madu dengan racikan herbal yang secara khusus di produksi untuk kesuburan ....
Kurma Muda Kering Untuk Mengatasi Kemandulan, Menyuburkan Kandungan

Kurma Muda Kering Untuk Mengatasi Kemandulan, Menyuburkan Kandungan

Kurma muda kering adalah buah kurma yang di keringkan InsyaAllah Biidznillah bermanfaat untuk mengobati kemandulan, ....
Siklus Pembalut Wanita Cuci Ulang : Sehat, Murah & Efisien

Siklus Pembalut Wanita Cuci Ulang : Sehat, Murah & Efisien

Siklus Pembalut wanita cuci ulang merupakan salah satu pilihan baik untuk hemat dan sehat serta ramah ....