Kesehatan Wanita, Uncategorized

Cara Mengatasi PMS Pada Wanita

Cara Mengatasi PMSPMS atau Pre-menstrual Syndrome atau perubahan siklus menstruasi merupakan kondisi dan rangkaian fisik serta emosional yang dialami oleh kaum wanita menjelang masa menstruasi atau haid. Pada fase ini jumlah hormon progesteron dan estrogen pada wanita memang sedang mengalami fluktuasi sehingga sangat berpengaruh terhadap kestabilan emosi.

Kedua hormon tersebut, khususnya hormon estrogen diyakini mempunyai pengaruh terhadap kadar serotonin di dalam otak. Sedangkan serotonin sendiri berperan penting dalam mengatur suasana hati, daya ingat, selera makan, gairah seksual, aktivitas tidur dan juga kemampuan untuk bersosialisasi. Seseorang yang kekurangan serotonin bisa mengakibatkan suasana hati semakin memburuk dan bisa berujung pada depresi. Penyebab timbulnya PMS pada wanita sebenarnya tidak bisa dipastikan dengan jelas, namun semua itu ada kaitannya dengan perubahan hormon saat memasuki siklus menstruasi.

Cara Mengatasi PMS (Pre-menstrual Syndrome)

Gejala PMS dapat dialami oleh setiap wanita, namun umumnya pada wanita dewasa awal pada usia 20-an sampai awal 40-an, mempunyai anak dan mempunyai riwayat depresi dalam keluarga, itulah yang biasanya lebih rentan mengalami gejala PMS. Berikut ini adalah cara mengatasi PMS pada wanita yang bisa dilakukan untuk mempernyaman tubuh saat serangan PMS datang:

1. Mengubah gaya hidup dengan cara melakukan olahraga secara rutin, paling tidak dua hari sekali dengan jam yang disesuaikan. Olahraga yang bisa Anda lakukan seperti senam aerobik yang intens paling tidak dalam waktu satu jam atau senam aerobik dengan intensitas rendah dengan waktu dua jam.

2. Banyak-banyaklah mengkonsumsi makanan sehat seperti buah, sayuran dan gandum serta menghindari makanan yang banyak mengandung kadar yodium tinggi dan kadar gula tinggi. Batasi juga konsumsi kafein dan alkohol serta perbanyaklah minum air putih.

3. Tidur minimal delapan jam dalam sehari.

4. Mengatasi stres dengan berkomunikasi pada orang-orang terdekat Anda, berolahraga atau menulis jurnal. Selain itu, terapi relaksasi juga dapat dijadikan pilihan.

5. Hentikan kebiasaan buruk merokok.

Itulah beberapa cara mengatasi PMS pada wanita yang bisa Anda lakukan, saat gangguan tersebut datang. Jika gejala PMS yang terjadi lebih intens, maka Anda perlu melakukan pemeriksaan lebih lanjut kepada dokter. Semoga bermanfaat!

PENTING UNTUK ANDA:

Sumber Gambar: https://caraterbarumengatasi.files.wordpress.com/2014/06/nyeri-haid.jpg

Produk Menarik untuk Anda:

Manjakani Arab 4 in 1 untuk Mengatasi Masalah Kewanitaan

Manjakani Arab 4 in 1 untuk Mengatasi Masalah Kewanitaan

Manjakani Arab Merupakan Ramuan Tradisional yang terbuat dari buah manjakani yang bermanfaat mengatasi berbagai macam ....
Natural Crystal-X Solusi Cerdas Mencegah dan Mengobati Masalah Kewanitaan

Natural Crystal-X Solusi Cerdas Mencegah dan Mengobati Masalah Kewanitaan

Natural Crystal–X adalah solusi cerdas untuk mencegah dan mengobati masalah organ kewanitaan. Seperti mengaktifkan dan melenturkan kembali ....
Sekar Malam-Ramuan Jamu Manjakani Untuk Kebahagiaan Suami Istri

Sekar Malam-Ramuan Jamu Manjakani Untuk Kebahagiaan Suami Istri

SEKAR MALAM adalah ramuan jamu manjakani yang berkhasiat untuk mengatasi masalah-masalah kewanitaan sehingga dapat menciptakan ....