Keluarga, Tumbuh Kembang Anak

Cara Mendidik Anak Untuk Selalu Bersyukur

mendidik anak bersyukur

mendidik anak bersyukur

Rasa syukur dalam diri seorang anak tidak hadir dengan sendirinya. Karena itu perlulah Anda mendidik anak untuk selalu bersyukur melalui doa dalam setiap kegiatannya. Mendidik anak untuk selalu bersyukur mempengaruhi rasa optimistis anak dalam memandang kehidupan. Namun tidak semudah yang Anda bayangkan mendidik anak untuk selalu bersyukur atas apa yang telah dimilikinya.

Rasa syukur merupakan salah satu konsep yang paling sulit untuk diajarkan pada anak, terutama pada anak yang biasanya berlaku egois. Seorang anak yang suka bersyukur dan tahu berterima kasih maka secara otomatis dia akan bertindak sopan pada semua orang dan bersikap menyenangkan. Dengan mendidik anak untuk selalu bersyukur maka anak akan menjadi peka terhadap perasaan orang lain dan dapat mengembangkan rasa empati dalam hidupnya.

Dalam hal ini orang tualah yang sangat berperan penting terhadap tumbuh kembang anak. Berikut ini adalah cara mendidik anak untuk selalu bersyukur dalam setiap keadaan yang dihadapinya :

1. Mendidik anak untuk selalu bersyukur sejak dini.

Cara awal untuk mendidik anak selalu bersyukur adalah dengan tidak selalu memberikan sesuatu yang dia inginkan. Anda boleh memberinya barang yang bagus, namun jagan selalu menuruti segala keinginannya karena anak akan memiliki keinginan yang lebih tinggi lagi sehingga anak tidak cepat puas.

2. Menerapkan kebiasaan seperti dapat satu, beri satu.

Jika Anda memberinya satu pakaian, mainan atau barang lainnya. Maka ajari anak untuk merelakan satu barang miliknya diberikan kepada orang lain yang membutuhkan. Memberi sumbangan kepada orang lain yang membutuhkan berupa barang atau apapun itu adalah cara mendidik anak untuk selalu bersyukur dengan apa yang dia miliki.

3. Menerapkan sikap tolong menolong.

Bercerita tentang orang-orang yang memiliki nasib kurang beruntung. Hal itu merupakan cara yang baik untuk mendidik anak agar selalu bersyukur. Dengan begitu anak akan mengerti bahwa diluar sana masih banyak anak-anak lain yang hidup kekurangan dan membutuhkan bantuan dari kita.

4. Membiasakan Anak Untuk Mengucapkan Terima Kasih.

Cara yang paling sederhana agar anak selalu bersyukur adalah membiasakan anak untuk mengucap terima kasih apabila dia diberi hadiah atau sesuatu oleh orang lain baik anggota keluarga atau saudara meskipun nilai hadiahnya tidak seberapa.

Itulah beberapa cara mendidik anak agar selalu bersyukur dalam setiap kesempatan seiring dengan tumbuh kembang anak. Semoga sikap selalu bersyukur dapat menjadi bagian dari kehidupan anak Anda dan menjadikannya anak-anak yang murah hati, karena kedua hal itu berjalan seiring.

sumber gambar : http://smam4exis.sch.id/uploads/kartun_berdoa-ibu-anak.jpg