Keluarga, Tumbuh Kembang Anak

Mendidik Anak Agar Memiliki Sikap Kepedulian Sosial

kepedulian sosial

kepedulian sosial

Mendidik anak agar menjadi seseorang yang berprestasi adalah kewajiban Anda selaku orang tua. Tidak hanya berprestasi di sekolah dalam hal pelajaran saja, tetapi mendidik anak tentang kepribadian dengan menumbuhkan kepedulian sosial yang tinggi terhadap sesama juga tidak kalah pentingnya.

Kurikulum yang diajarkan kepada anak disekolah memang lebih cenderung terhadap prestasi akademis, tanpa memberikan perhatian yang khusus terhadap pengembangan kepribadian seorang anak. Karena itu, orang tua lah yang mempunyai peranan sangat besar dalam mengembangkan sikap kepedulian sosial kepada anak.

Kepedulian sosial adalah suatu nilai penting yang harus dimiliki seseorang karena terkait dengan nilai kejujuran, kasih sayang, kerendahan hati, keramahan, kebaikan dan lain sebagainya. Untuk memiliki sikap kepedulian sosial memang dibutuhkan tingkat kematangan tertentu. Memang sulit mendidik anak tentang kepedulian sosial, namun bukan berarti mereka tidak perlu belajar. Secara perlahan anak akan mengerti tentang pentingnya sikap peduli terhadap sesama sejak usia dini. Berikut ini adalah cara mendidik anak agar memiliki sikap kepedulian sosial :

1. Menunjukan atau memberikan contoh sikap kepedulian sosial.

Memberikan nasihat pada anak tanpa disertai dengan contoh langsung Anda tidak akan memberikan efek yang besar. Jika sikap Anda dalam kehidupan sehari-hari menunjukan sikap peduli pada sesama maka kemungkinan besar anak akan mengikutinya.

2. Melibatkan anak dalam kegiatan sosial.

Biasakan untuk mengajak anak dalam kegiatan sosial seperti memberikan sumbangan ke panti asuhan dan berzakat.

3. Tanamkan sifat saling menyayangi pada sesama.

Menanamkan sifat saling menyayangi pada sesama dapat diterapkan dari rumah, misalnya dengan membantu orang tua, kakak ataupun menolong teman yang jatuh.

4. Memberikan kasih sayang pada anak.

Dengan orang tua memberikan kasih sayang maka anak akan merasa aman dan disayangi, dengan hal itu kemungkinan anak akan memiliki sikap peduli pada orang lain yang ada disekitarnya. Sedangkan anak yang kurang mendapatkan kasih sayang justru akan cenderung tumbuh menjadi anak yang peduli pada dirinya sendiri.

BACA JUGA:  Cara Mendidik Anak Sesuai Kesukaannya

5. Mendidik anak untuk tidak membeda-bedakan teman.

Mengajarkan pada anak untuk saling menyayangi terhadap sesama teman tanpa membedakan kaya atau miskin, warna kulit dan juga agama. Beri pengertian bahwa semua orang itu sama yaitu ciptaan Tuhan.

Banyak orang yang beranggapan bahwa sikap kepedulian sosial tumbuh dalam kepribadian seseorang dimulai pada saat beranjak dewasa. Tapi kenyataannya, sikap kepedulian sosial dapat diajarkan atau diterapkan pada anak mulai sejak dini. Jadi mulailah dari sekarang untuk mendidik anak agar memiliki kepribadian yang baik dengan sikap kepedulian sosial. Perilaku yang baik akan tertanam dalam diri seseorang jika sering dilatih dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

sumber gambar : http://2.bp.blogspot.com/-rmre0mjhw94/UiulJT8yrUI/AAAAAAAAAKM/5oyNV-DpqJE/s1600/kepedulian+sosial+3.jpeg

PRODUK MENARIK :

Produk Menarik untuk Anda:

Mainan Anak Edukatif – Shape Block puzzle

Mainan Anak Edukatif – Shape Block puzzle

Shape block puzzle, mainan ini bermanfaat untuk mengenalkan bentuk-bentuk dasar kepada anak-anak. Bermain puzzle adalah ....
Mainan Anak Edukatif – Kereta Geometri

Mainan Anak Edukatif – Kereta Geometri

Goemetric train, mainan bentuk kendaraan ini sangat lah menarik untuk mengajarkan anak tentang jenis kendaraan, ....
Vitabumin – Madu Penambah Berat Badan Anak

Vitabumin – Madu Penambah Berat Badan Anak

Vitabumin adalah madu herbal yang diformulasikan khusus untuk menambah nafsu makan, menambah berat badan anak ....