Cara Mendidik Anak Sesuai Kesukaannya

mendidik anak sesuai kesukaanSetiap anak memiliki kecenderungan yang berbeda dalam gaya belajarnya. Hal ini berpengaruh pada cara penyampaian kepadanya agar menjadi efektif. Kecenderungan yang pertam adalah tipe visual, yang kedua auditori, dan terakhir kinestetik.

Berikut ini adalah tips mudah bagaimana cara mendidik anak sesuai kesukaannya:

1. Tipe Visual (Penglihatan)

Anak tipe ini lebih suka dengan sesuatu yang tampak sehingga saat mengajarinya lebih baik dengan visualiasasi. Bukan cara mendidik anak yang baik untuk tipe ini  jika diminta untuk mendengar, menulis, atau berbicara. Di bawah in adalah  cara mendidik anak bertipe visual:

  1. memberinya buku-buku bacaan anak
  2. memberi cerita bergambar,
  3. memperlihatkannya video-video atau film-film edukatif,
  4. mengajarinya dengan flash card

2. Tipe Auditori (Pendengaran)

Cara mendidik anak tipe ini harus dominan dengan suara karena ia sangat peka terhadap suara. Memintanya untuk bicara adalah cara mendidik anak yang baik untuk anak tipe ini, namun akan sulit jika diminta untuk membaca dan menulis, walaupun bisa. Inilah beberapa cara mendidik anak bertipe auditori:

  1. Bercerita atau mendongeng
  2. Minta si anak untuk bercerita
  3. Perdengarkan dia lagu anak-anak yang mendidik, seperti lagu belajar huruf hijaiyah.
  4. Minta dia menonton film dan minta ia menceritakan kembali cerita dari film itu karena dia lebih menangkap percapakan yang ada di film.

3. Tipe Kinestetik (Sentuhan)

Anak-anak tipe kinestetik sangat suka jika ia menyentuh sesuatu  saat  ia belajar. Dia juga suka bergerak dan suka objek yang nyata. Sebaliknya, menyodorkannya dengan hal-hal yang abstrak bukan cara mendidik  anak yang baik bagi tipe ini. Ada beberapa cara mendidik anak untuk tipe ini:

  1. Berikan dia berbagai macam mainan yang mendidik seperti mainan edukatif.
  2. Berilah dia worksheet menggambar dan mewarnai
  3. Bermainlah dengan si anak dengan permainan yang mendidik.
  4. Ajari dia untuk sering menulis.

Setiap orang tua pasti lebih memahami karakter dan kesukaan anaknya, maka seharusnya tidak sulit untuk menentukan cara mendidik anak sesuai kesukaannya. Tips-tips di atas hanyalah contoh kecil dan menarik bagi para orang tua termotivasi lagi untuk berkreasi dalam mendidik anak. Baca juga Mendidik Anak Itu Harus Kreatif untuk lebih mengetahui caranya. Semoga bisa segera diterapkan.

PENTING UNTUK ANDA :

[wpsc_products product_id=’16387′]

[wpsc_products product_id=’16362′]

[wpsc_products product_id=’16332′]

sumber gambar : http://pendidikananakpaud.files.wordpress.com/2012/10/pola-asuh-anak.jpg

Leave a Comment