Ini Tanda Perkembangan Bayi Terlambat

ini-tanda-perkembangan-bayi-terlambatAda beberapa tanda perkembangan bayi terlambat yang perlu di ketahui oleh para orang tua. Perkembangan setiap bayi memang berbeda – beda ada yang cepat tumbuh ada pula yang pertumbuhannya agak terlambat. Berikut ini adalah beberapa tanda yang perlu di pahami dan dimengerti orang tua pada perkembangan bayi terlambat.

1. Telat Berjalan 

Bayi pada usia 10-12 bulan harusnya sudah bisa berjalan sendiri. Setidaknya jika sang anak belum bisa berjalan sendiri ia harusnya sudah bisa berdiri tegak, atau bisa menopang tubuhnya. Ada beberapa faktor yang menyebabkan anak terlambat berjalan salah satunya adalah sang anak masih merasa ketakutan. Jika anak anda mengalami hal tersebut dampingi dan latih anak berjalan dengan seksama. Anda bisa melatih berjalan anak dengan cara menitah anak. Dengan begitu anak akan merasa bahwa ia mendapatkan bantuan dan dorongan untuk belajar berjalan.

2. Mengalami Kesulitan Saat Makan

Apabila sang anak sering menolak makanan atau memuntahkan nya maka hal tersebut merupakan salah satu anak mengalami gangguan pada perkembangan nya. Periksa keadaan sang anak apakah merasa tidak enak badan atau sedang mengalami gangguan pencernaan. Namun jika hal tersebut terus menerus terjadi bisa saja anak anda mengalami gangguan pada ototnya. Anak anda belum bisa mengontrol otot – ototnya yang bisa merupakan ciri gangguan sistem saraf.

3. Hanya memakai salah satu tubuhnya

Salah satu tandanya adalah kenapa sang anak hanya mampu memegang benda sebelah kanan saja atau sebelah kiri. Dan kenapa juga jarang menggunakan bagian tubuh yang sebelah?  hal tersebut bisa merupakan salah satu tanda anak anda terlambat berkembang.

4. Kaku saat bergerak

Kaku saat bergerak bisa di tandai dengan kesulitan gerak si kecil yaitu dari posisi yang satu ke posisi yang lainnya. Hal tersebut biasanya disebabkan adanya kelainan pada otak anak yaitu keterlambatan dalam mengirimkan sinyal.

Leave a Comment