Keluarga, Tumbuh Kembang Anak

Cara Mendidik Anak Agar Cinta Allah (Bagian II)

mendidik anakSetelah kita membahas Cara Mendidik Anak agar Cinta Allah (Bagian I), maka pada kesempatan ini kita akan melanjutkan empat cara mendidik anak agar cinta Allah (bagian II) secara Islami. 

Berikut ini adalah lanjutan dari tips mendidik anak secara islami:

1. Ajari anak belajar Sholat dan membaca Al-Qur’an

Apa tujuan kita mengajari anak belajar shalat dan membaca Al-Qur’an? Tentu saja karena keduanya  adalah bukti cinta kepada Allah. Sampaikan ke anak, misal dengan,”Kak, kan Allah dah ngasih banyak ke kakak. Sekarang gantian donk, kakak ucapin makasih sama Allah. Caranya dengan sholat dan ngaji Qur’an.”. Dengan begitu, anak menjadi tahu bahwa dia harus pandai berterima kasih kepada Allah.

2. Menonton film-film dan video-video Islami

Mengenalkan Islam denga berbagai macam media merupakan salah satu cara mendidik anak yang menyenangkan. Anak kita tontonkan film animasi atau video, misalnya tentang penciptaan alam semesta karya Harun Yahya, atau video-video tentang kisah-kisah yang menggugah anak untuk semakin ingin tahu tentang Islam sehingga semakin kenallah dengan Allah.

3. Lakukan terus menerus

Inilah salah satu elemen terpenting jika dalam mendidik anak. Mendidik anak tidak bisa hanya dilakukan sekali, tetapi harus terus menerus. Jika anak tiap hari diberi hal-hal yang mengarahkannya untuk bisa cinta kepada Allah, in Sya Allah anak kita akan benar-benar mengenal Allah dan kuat aqidahnya.

4. Lakukan inovasi dan kreasi baru

Anak selalu berkembang dan tiap tahapan perkembangan memiliki cara tersendiri. Diperlukan inovasi dan kreasi orang tua agar bisa terus mengawal anak untuk cinta pada Allah. Cara mendidik anak usia balita pasti akan berbeda dengan anak usia 6-10 tahun. Perbedaan itulah yang harus diketahui dan dipahami dengan benar oleh orang tua. Misalnya, pada usia balita, anak lebih suka dengan cerita dongeng. Pada usia 10 tahun, bisa jadi anak lebih suka jika dengan menggunakan multimedia. Di sinilah sekali lagi kreatifitas orang tua akan diuji dengan terus menerus mencari cara mendidik anak yang menyenangkan.

Itulah sedikit tips mendidik anak agar cinta Allah. Bukan pekerjaan mudah memang, tetapi karena anak adalah investasi jangka panjang dan menghasilkan return yang besar pula di akhirat, maka sesulit apapun itu, setiap orang tua harus memperjuangkannya.  Semoga bermanfaat.

PENTING UNTUK ANDA :

sumber gambar : http://www.setifnews.com/photo/article/articlep/6107.jpg

Produk Menarik untuk Anda:

Puzzle Huruf Hijaiyah, Permainan Puzzle untuk Anak

Puzzle Huruf Hijaiyah, Permainan Puzzle untuk Anak

Puzzle Huruf Hijaiyah merupakan mainan edukatif menyusun huruf-huruf hijaiyah yang bermanfaat untuk pembelajaran Al Qur’an ....
Madu Herbal Syifa Kids Cerdas dan Cendekia Meningkatkan Kecerdasan Anak

Madu Herbal Syifa Kids Cerdas dan Cendekia Meningkatkan Kecerdasan Anak

Madu Syifa Kids Cerdas Cendekia merupakan madu anak untuk nutrisi 100% alami tanpa bahan kimia ....