Parenting

Cara Mendidik Anak Menurut Islam

cara-mendidik-anak-menurut-islamMendidik anak merupakan kewajiban bagi orangtua, namun didikan yang bagaimana yang harus kita terapkan pada anak kita. Kebanyakan orang tua menginginkan anak mereka menjadi anak yang soleh dan solehah. Berikut ini ada beberapa cara mendidik anak menurut islam yang bisa anda terapkan dalam mendidik anak anda.

1. Berikan Perhatian dan kasih sayang pada anak

Anda bisa memberikan kasih sayang dan perhatian pada anak dengan menunjukan nya, misalnya saja dengan mencium sang anak. Mencium sang anak bukan hanya perlakuan fisik semata, namun ciuman berperan aktif dalam menggerakkan perasaan dan kejiwaan anak. Selain itu ciuman akan melahirkan ikatan yang kuat dalam menumbuhkan kasih sayang antara yang tua dengan yang lebih muda.

Ciuman merupakan dalil adanya perasaan kasih sayang dalam hati kepada anak yang sedang tumbuh. Ia adalah bukti dari kerendahan hati orang yang lebih besar kepada yang kecil. Ia merupakan cahaya penerang dalam hati anak, melapangkan jiwa, dan menambah semangat interaksinya dengan orang yang ada di sekitarnya.bukan ciuman yang ala kadarnya,

2. Memperhatikan dan menanyakan keadaan anak

Kebanyakan orang tua yang sudah sibuk dalam bekerja di kantor kadang lupa menanyakan keadaan anak kita sendiri. Ketika sudah berada di rumah dan merasa lelah sebenarnya senyuman anak lah yang menjadi pelepas lelah. Karena sang anak akan sangat menanti kepulangan orangtuanya setelah bekerja. Jadi jangan lupa memperhatikan dan menanyakan keadaan anak. Orang tua juga harus memiliki sikap tanggap pada anaknya.

3. Menyambut anak dengan kehangatan

Bertemu dan bergaul dengan anak adalah suatu  keharusan. Dan pertemuan yang paling berkesan adalah pada detik detik awal. Jika pertemuan berjalan dengan baik, maka anak akan mampu mengikuti per cakapan dan pembicaraan. Anak akan mulai membuka jiwanya, dan mengungkapkan permasalahannya. Semua itu akan terealisaai ketika seorang anak mendapatkan sambutan yang baik, dengan penuh perasaan cinta dan sayang. Inilah yang di serukan Rasulallah salallahu ‘alaihi wassalam. Kepada umatnya untuk di peraktekkan.

4. Bermain dan bercanda dengan anak

Anak – anak memang sangat senang bermain, bahkan bisa lupa waktu ketika mereka asyik bermain. Namun anak – anak tidak hanya ingin bermain dengan teman nya saja. Anak – anak juga membutuhkan sosok orang tua yang bisa diajak bermain dan bercanda bersama. Oleh karena itu akan sangat menyenangkan jika sang anda bisa bermain dan bercanda bersama. Dengan begitu anda akan memiliki hubungan yang lebih erat dengan sang anak.

 

Produk Menarik untuk Anda:

Sprei Waterproof Import 160 x 200

Sprei Waterproof Import 160 x 200

Sprei waterproof  merupakan sprei anti air dengan bahan yang berkualitas import. Dengan sprei ini, bunda ....
Pembalut Kain Jelita-V Jumbo Motif

Pembalut Kain Jelita-V Jumbo Motif

Jelita-V Jumbo Motif merupakan inovasi produk pembalut kain cuci ulang dari Jelita-V yang aman, nyaman.  ....
Herba Androbi, Obat Antibiotik Alami

Herba Androbi, Obat Antibiotik Alami

Herba androbi merupakan obat herbal alami yang dibuat dari macam-macam tanaman obat pilihan yang digunakan ....
Jelly Gamat Gold G – Ekstrak Gamat Emas

Jelly Gamat Gold G – Ekstrak Gamat Emas

Jelly Gamat Gold-G merupakan Obat Herbal Pilihan yang banyak berkhasiat untuk mengobati berbagai macam penyakit. Penyakit ....