Parenting

5 Tips Aman Mengajarkan Bayi Berenang

Share Yuk!

5-tips-aman-mengajarkan-bayi-berenangBerenang merupakan salah satu aktivitas yang di sukai anak – anak, selain itu berenang juga memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan anak. Berenang merupakan aktivitas fisik yang membuat otak anak berkembang lebih cepat. Karena dalam berenang di tuntut selalu konsentrasi saat menyeimbangkan tubuh. Tapi mengajarkan bayi berenang membutuhkan kehati-hatian penuh. 

Anda bisa mulai mengajari bayi anda berenang ketika menginjak usia 10 bulan keatas. Namun jika sebelum usia tersebut anda ingin mengajari anak anda berenang ada baiknya di dampingi oleh orang yang ahli. Namun pada dasarnya bayi sudah berada dalam air ketika masih di dalam kandungan yaitu dengan air ketuban. Berikut ini beberapa tips aman mengajarkan bayi berenang.

1. Perhatikan Kesehatan Bayi

Sebelum anda mulai mengajarkan bayi berenang ada kalanya anda memeriksa kesehatan bayi anda terlebih dahulu. Dengan begitu bayi anda akan merasa lebih nyaman ketika sedang berenang.

2. Utamakan Keamanan Bayi

Jaga selalu bayi anda dalam pegangan tangan anda. Jangan sampai melepaskan pegangan anda, anda bisa mulai berjalan pelan ke depan sambil menggerakkan kaki dan tangan anak anda dengan perlahan.

3. Jangan Memasukkan Kepala anak anda

Ketika anak anda masih usia dibawah 3 tahun jangan sekali – kali memasukkan kepala anak anda ke dalam air. Karena anak anda masih belum bisa mengatur nafas ketika di dalam air. Ketika anda mengajarkan anak anda berenang anda bisa menopang anak anda dengan posisi kepala berada di atas air.

4. Pemilihan kolam renang

Jika anda tidak memiliki kolam renang sendiri di rumah, ada baiknya anda memilih kolam renang yang khusus. Agar lebih aman ketika mengajarkan bayi berenang di kolam renang umum.

BACA JUGA:  Pertumbuhan Anak Bulan Ke 3 Dan Bulan Ke 4

5. Perkenalan kolam renang pada bayi

Salah satu cara terbaik dalam memperkenalkan kolam renang pada bayi adalah dengan meletakan bayi di tepi kolam kemudian melatihnya sedikit demi sedikit agar tidak kaget, salah satu caranya anda dapat duduk di tepi kolam kemudian memasukan bayi anda setengah badan ke dalam kolam renang kemudian mengangkatnya, apalagi bayi anda sudah mulai terbiasa

Share Yuk!

Produk Menarik untuk Anda:

Sprei Waterproof Import 90 x 200

Sprei Waterproof Import 90 x 200

Sprei waterproof  merupakan sprei anti air dengan bahan yang berkualitas import. Dengan sprei ini, bunda ....
Pembalut Kain Jelita-V Jumbo Motif

Pembalut Kain Jelita-V Jumbo Motif

Jelita-V Jumbo Motif merupakan inovasi produk pembalut kain cuci ulang dari Jelita-V yang aman, nyaman.  ....
Menjaga Kesehatan Keluarga Dengan Air Kangen

Menjaga Kesehatan Keluarga Dengan Air Kangen

Kangen Water adalah minuman yang terbuat dari teknologi inovatif Enagic yang dapat memproduksi air alkali ....
Sabun Prilly-V Perawatan Organ Intim Wanita, Alami Tanpa Bahan Pengawet

Sabun Prilly-V Perawatan Organ Intim Wanita, Alami Tanpa Bahan Pengawet

Sabun Prilly~V merupakan Sabun susu yang terbuat dari bahan-bahan alami yang mengandung rempah susu murni dan ....