Parenting

10 Tips Stimulasi Perkembangan Bayi

10-tips-stimulasi-perkembangan-bayi

Stimulasi merupakan kegiatan yang dilakukan untuk merangsang kemampuan dasar bayi agar bayi dapat tumbuh dan berkembang secara optimal. Stimulasi perkembangan bayi dapat dilakukan oleh setiap orang yang berinteraksi dengan anak anda. Anda bisa menstimulasi bayi anda sedini mungkin, karena jika sang anak kurang stimulasi dapat menyebabkan gangguan pada tumbuh kembang anak. Ayo stimulasi perkembangan bayi anda dengan 10 tips berikut ini :

1. Tengkurap

lakukan tummy time, yaitu waktu yang di gunakan bayi untuk tengkurap sambil menggunakan tangannya untuk meraih sesuatu. Beri anak benda yang menarik perhatiannya sehingga ia akan terdorong untuk meraih benda tersebut.

2. Mengangkat kepala

Ajak sang anak bermain berguling bersama bola, dengan begitu akan membantu sang anak untuk bergerak mengikuti bola. Sehingga bisa membuat otot penyangga kepala seperti bahu menjadi lebih kuat. Selain itu juga dapat mengasah ketrampilan menjaga keseimbangan

3. Memekik gembira

Berikan mainan atau boneka yang bisa mengeluarkan suara ketika boneka atau mainan tersebut di pencet. Ketika boneka tersebut di tekan dan mengeluarkan suara anda juga bisa sambil berseru maka bayi anda pun akan memekik gembira.

4. Memegang benda dengan kedua tangan

Untuk membantu sang anak memegang benda dengan kedua tangan anda bisa menggunakan sebuah mainan seperti alat pemukul. Anda bisa memberikan seperti sendok kayu atau piring plastik dan dengan begitu bisa membuat anak menjadi senang.

5. Duduk

Bantu sang anak untuk latihan duduk dengan cara genggam sang anak dengan perlahan kemudian bantu sang anak untuk duduk. Jangan langung membiarkan anak duduk sendiri. sangga atau pegang belakang badan anak agar sang anak tidak terjerembab. Berikan stimulasi beberapa menit kemudian baringkan anak anda kembali.

6. Merangkak

Anda bisa menstimulasi bayi anda merangkak dengan cara meletakkan mainan berada di depan sang anak. Biasanya anak akan mencoba untuk maju dan meraihnya. Anda juga bisa memberikan contoh dengan merangkak di samping sang anak.

7. Makan sendiri

Beri bayi anda finger food, yaitu makanan yang lunak dan mudah di pegang sang anak. Atau anda bisa melatih sang anak dengan makan sendiri, seperti saat anda yang selalu menyuapinya anda bisa mengajari sang anak untuk berlatih memegang sendok dan menyuapkan makanan nya ke dalam mulutnya sendiri.

8. Mengenal anggota keluarga

Anda bisa mengenalkan anak anda ke beberapa anggota keluarga yang lain dengan mengajak sang anak ke pertemuan keluarga. Atau bisa dengan menunjukkan foto anggota keluarga yang lain pada anak.

9. Berjalan

Anda bisa membantu anak berjalan dengan iming – iming mainan kesukaan nya agar mau berjalan. Anak yang baru berlatih berjalan biasanya akan sering terjatuh oleh karena itu ada baiknya anda mengajak sang anak berjalan di tanah. Karena ketika sang anak terjatuh tidak akan terlalu sakit.

10. Bicara

Ajak anak anda mengobrol atau berkomunikasi setiap saat, hal tersebut di lakukan agar si kecil bisa merespon apa yang kita katakan. Anda juga bisa menyanyikan lagu anak – anak yang berbeda setiap harinya.

Produk Menarik untuk Anda:

Sprei Waterproof Import 90 x 200

Sprei Waterproof Import 90 x 200

Sprei waterproof  merupakan sprei anti air dengan bahan yang berkualitas import. Dengan sprei ini, bunda ....
Pembalut Kain Jelita-V Standar Motif

Pembalut Kain Jelita-V Standar Motif

Pembalut Kain Jelita-V Standar Motif merupakan pembalut yang dirancang khusus untuk wanita yang aktif di ....
Minyak Cem-Ceman Jadikan Rambut Sehat, Indah dan Terhindar Dari Kebotakan

Minyak Cem-Ceman Jadikan Rambut Sehat, Indah dan Terhindar Dari Kebotakan

Minyak cem-ceman adalah minyak rambut yang diolah secara tradisional dari minyak kelapa murni dengan daun-daunan ....
Sabun Herbal Wahida Madu Plus Susu Untuk Perawatan Wajah

Sabun Herbal Wahida Madu Plus Susu Untuk Perawatan Wajah

Sabun Herbal Wahida Madu plus Susu adalah sabun alami yang memadukan manfaat madu dan khasiat ....