Memahami Psikologi Anak

memahami-psikologi-anak

Psikologi anak dipengaruhi oleh perkembangan dan kesehatan fisiknya. Oleh karena itu setiap perkembangan fisik balita haruslah selalu di perhatikan. Langkah yang paling bijak adalah memahami setiap psikologi yang di tunjukkan pada anak, yakni menekankan pada delapan tahapan yang di lalui anak sejak usia dini hingga dewasa.

Setiap tahapan akan memberikan dampak yang berbeda pada anak bisa berdampak negatif atau bisa berdampak positif. Biasanya pada usia dini ada banyak hal yang menarik perhatian sang anak, sehingga membuat anak ingin selalu mencoba hal yang baru karena keingintahuan nya. Oleh karena itu anda sebagai orang tua haruslah memberikan dukungan dan arahan yang baik pada anak. Jangan memberikan kritik atau nasihat yang berlebihan pada anak karena hal tersebut bisa membuat anak tumbuh dengan rasa ragu terhadap kemampuannya sendiri.

Anak – anak juga perlu di pahami dan di perlakukan dengan sabar ketika menghadapinya. Oleh karena itu jangan sampai anda mengucapkan kata – kata yang kasar atau kata – kata dalam pengucapannya menggunakan intonasi yang keras.

Berilah dukungan pada balita anda, jadilah teman dan orang tua terbaiknya. Tanamkan disiplin secara edukatif dan sesuai dengan perkembangan psikologi nya.

Ada tujuh kecerdasan yang terdapat pada anak menurut Gardner, seorang peneliti tentang psikologi anak. Linguistik, logika, matematika, spasial, kinestetik, musik, intrapersonal, interpersonal dan naturalis. Setiap anak memiliki kepekaan berbeda mengenai tahapan tersebut. Gardner mengungkapkan Multiple Intelegence kecerdasan jamak merupakan kemampuan untuk menemukan dan mencari pemecahan masalah yang dihadapi oleh anak.

1 thought on “Memahami Psikologi Anak”

  1. anak saya 9th,kls 4sd,dia mengalami kesulitan dalam hal belajar,terutama dlm pelajaran berhitung selain itu dia juga sering kurang focus & kurang percaya diri,pada dasarnya dia adalah anak yg cerdas ,mohon petunjuk & solusinya….

    Reply

Leave a Comment