Parenting

Cara Mendidik Anak Bertanggung Jawab

cara-mendidik-anak-bertanggung-jawab

Mendidik anak bertanggung jawab adalah tugas penting bagi orang tua karena memiliki tanggung jawab merupakan hal penting bagi kehidupannya kelak. Oleh karena itu sebaiknya para orangtua melatih sang anak agar memiliki tanggung jawab sedari dini, agar kelak di masa depan anak menjadi seseorang yang bertanggung jawab dan tidak akan merugikan orang lain. Berikut ada beberapa cara bagaimana mendidik anak bertanggung jawab.

1. Beri anak beberapa tanggung jawab

Anak biasanya akan mulai mengerti perkataan orang tua pada usia 3 tahun, disaat itulah anda mengajarkan anak anda bagaimana tanggung jawab itu. Anda bisa dengan memberikan tanggung jawab pada anak anda agar membereskan mainan ke tempat penyimpanan mainan setelah selesai digunakan. Dengan begitu sang anak akan menjadi lebih tanggung jawab akan mainan mereka.

Jika anak anda pada usia sekolah, anda bisa dengan memberikan mereka tanggung jawab bagaimana mengelola uang saku yang telah anda berikan. Misalkan saja sebagian uang saku di tabung. Atau anda bisa dengan memberikan tanggung jawab pada anak merapikan tempat tidurnya sehabis bangun tidur.

2. Jadi teladan yang baik

Anak – anak biasanya akan meniru apa yang dilakukan oleh orang tuanya. Oleh karena itu anda juga harus menjadi contoh teladan yang baik bagi anak anda. Ini berarti anda harus bertanggung jawab pada apa yang anda lakukan dan katakan pada anak anda. Salah satu contoh bertanggung jawab pada perkataan adalah jika anda membuat janji dengan anak anda maka anda harus menepati janji anda.

3. Manfaatkan buku

Buku cerita anak – anak mengandung banyak pesan. Oleh karena itu anda dapat memberikan anak anda buku yang memiliki pesan tentang bagaimana bertanggung jawab. Jangan lupa pilihlah buku dengan gambar dan cerita yang menarik sehingga anak akan menyukainya.

4. Penghargaan Akademis

Anak anda juga harus bertanggung jawab pada sekolahnya. Oleh karena itu jika anak anda berhasil mendapatkan sebuah prestasi sebaiknya anda berbangga dan menghargai kerja keras anak anda. Tidak harus selalu memberikan anak dengan uang atau hadiah barang – barang. Anda juga bisa memberikan anak anda dengan memasakkan makanan kesukaan, atau memberikan ucapan selamat dan bangga atas apa yang telah di raih oleh anak anda.

5. Jangan menyerah

Anda harus bersabar dan jangan menyerah dalam mendidik anak bertanggung jawab. Memang bukan perkara yang mudah mendidik anak bertanggung jawab namun jika anda bersabar maka anda akan menuai hasilnya nanti.

Produk Menarik untuk Anda:

Sprei Waterproof Import 160 x 200

Sprei Waterproof Import 160 x 200

Sprei waterproof  merupakan sprei anti air dengan bahan yang berkualitas import. Dengan sprei ini, bunda ....
Pembalut Kain Jelita-V Jumbo Motif

Pembalut Kain Jelita-V Jumbo Motif

Jelita-V Jumbo Motif merupakan inovasi produk pembalut kain cuci ulang dari Jelita-V yang aman, nyaman.  ....
Olivea Shampo Herba Zaitun Plus Pegagan Melembutkan Dan Mencegah Rambut Rontok

Olivea Shampo Herba Zaitun Plus Pegagan Melembutkan Dan Mencegah Rambut Rontok

OLIVEA Shampo Herba Zaitun Plus Pegagan Melembutkan dan Mencegah Rambut Rontok Olivea Shampo Herbal  Zaitun ....
Sabun Green Tea Memberi Nutrisi Pada Kulit

Sabun Green Tea Memberi Nutrisi Pada Kulit

Sabun Green Tea ( Camelia Sinensis) Tazakka adalah sabun mandi yang mengandung senyawa polifenol, antioksidan ....